LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah melalui Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito menyampaikan perkembangan virus corona atau COovid-19 di Tanah Air, Selasa (28/7/2020).

Terdapat lima provinsi yang menyumbang kasus positif Covid-19 dalam sepekan terakhir. Kelima provinsi tersebut yaitu, Jawa Timur. Daerah ini melaporkan jumlah terbanyak, yakni 20.539 kasus.

“Kedua, DKI Jakarta dengan kontribusi 19.125 kasus,” ujar Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia.

Ketiga, Sulawesi Selatan. daerah ini disebut berkontribusi sebanyak 8.881. Keempat, Jawa Tengah ada sebanyak 8.412 kasus positif Covid-19. Dan, kelima, yaitu Jawa Barat dengan kontribusi kasus positif Covid-19 sebanyak 6.039.

“Lima daerah tersebut berkontribusi cukup besar kepada jumlah kasus positif yang ada di Indonesia dan kasus baru per minggu terakhir yaitu sejumlah 12.364 kasus,” ungkapnya.

Dalam kondisi saat ini, Wiku berpesan, lima provinsi ini perlu menjadi perhatian bersama. Tidak hanya pemerintah daerah tetapi juga masyarakat agar tetap patuh menjalankan protokol kesehatan, baik menggunakan masker, menjaga jarak maupun rajin mencuci tangan dengan sabun.

“Agar Pemda bersama dengan masyarakat betul-betul dapat menekan laju kasus ini dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” pungkas.@licom