LENSAINDONESIA.COM: Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk memperingati Hari Raya Idul Adha 1441 H yang masih diselimuti wabah pandemi Covid-19, Polrestabes Surabaya tidak menggelar pemotongan hewan kurban.

Puluhan ekor hewan kurban yang terdiri dari 10 sapi dan 66 kambing itu diserahkan secara simbolis ke MUI Surabaya untuk selanjutnya disebar ke tokoh-tokoh agama dan masyarakat.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Jhonny Edison Isir menyerahkan secara simbolis puluhan hewan kurban itu kepada ketua MUI Surabaya KH Mukit Murtado di Mapolrestabes, Kamis (30/7/2020).

Kombes Jhonny Edison Isir mengatakan, penyerahan hewan kurban ini merupakan wujud syukur atas semua nikmat yang diberikan Tuhan kepada jajaran personil Polrestabes Surabaya.

Menurutnya, ini juga untuk melaksanakan ajaran agama bahwa semangat Idul Adha adalah untuk ber-kurban dan berbagi. “Hari ini dilaksanakan acara penyerahan hewan kurban ke berbagai elemen. Ada dari MUI, NU, Muhamadiyah, pondok pesantren serta perwakilan masyarakat,” terang Kombes Jhonny Edison Isir.

Tekait pelaksanaan Sholat Idul Adha, Polrestabes Surabaya menegaskan tidak melarang, namun masjid-masjid diimbau menjalankan protokol kesehatan kepada setiap jemaah.

Terkait pelaksanaan takbir juga boleh dilakukan asal masih tetap dalam area masjid dan tidak boleh keliling. “Jika masih ada yang takbir keliling, kami akan hentikan dan dihimbau untuk kembali,” pungkas Kombes Jhonny Edison Isir. @rofik