LENSAINDONESIA.COM: Pada masa pandemi covid-19, Polda Jawa Timur mengimbau masyarakat tidak menggelar takbir keliling Idul Adha 1441 H, Kamis (30/7/2020) malam nanti.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, takbir keliling dapat memicu kerumunan. Maka, pihaknya menyarankan masyarakat melantunkan gema takbir di masjid atau mushola melalui pengeras suara saja.

“Kami mengimbau takbir keliling tak dilakukan, solusinya bisa di tempat ibadah dan di rumah masing-masing dengan pengeras suara,” kata Kombes Truno di Mapolda Jatim, Kamis (30/7/2020).

Menurutnya, salah satu teknis penerapan adaptasi kebiasaan baru yakni menghindari kerumunan supaya tidak ada transmisi covid-19 antar warga.

“Kami memulai dengan situasi adaptasi kebiasaan baru. Diantaranya tidak melakukan kerumunan, terkait adanya kebiasaan lama yang melakukan takbir keliling beramai-ramai,” lanjutnya.

Selain itu, pihaknya bakal melakukan patroli keliling untuk mengantisipasi warga yang masih nekat melaksanakan takbir keliling.

“Kalau ada yang masih keliling, dalam operasi patuh kita melakukan preemtif dan preventif dan mengimbau ke tempat masing-masing agar tak menjadi klaster baru,” pungkasnya. @wendy