LENSAINDONESIA.COM: Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim menelusuri pemilik akun Gilang di media sosial yang disinyalir mengidap seks menyimpang. Berkedok penelitian kuliah, akun seks nyleneh ‘bungkus kain jarik’ ini sedang trending di jagat maya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, pihaknya mendapat informasi pelaku bernama Gilang, mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair).

“Subdit Cyber Crime melakukan penelusuran terhadap akun bernama G (Gilang) yang meresahkan di media sosial. Kami menyelidiki apakah benar pemilik akun seorang mahasiswa perguruan tinggi negeri seperti kabar yang beredar,” kata Kombes Trunoyudo, Jumat (31/7/2020).

Menurutnya, Cyber Crime bergerak melakukan penyelidikan agar masyarakat tidak resah dan merasa aman. “Penyelidikan ini dilakukan sebagai bentuk kepastian hukum, dan membuat masyarakat aman dan terlindungi,” imbuhnya.

Kombes Trunoyudo menambahkan, dalam pergerakannya di medsos akun Gilang telah melakukan pemaksaan terhadap sejumlah pengguna media sosial lain, supaya menuruti keinginan bejatnya. Setelah itu pelaku mengunggah di media sosial pribadinya.

“Modusnya, pelaku mengunggah konten-konten setelah sebelumnya menyuruh sejumlah orang melakukan pelecehan seks. Jadi dia memberi petunjuk ke sejumlah akun medsos untuk bertindak aneh lalu memposting konten-konten tersebut, salah satunya membungkus seseorang dengan kain jarik,” tambahnya.

Kendati demikian, hingga saat ini Polda Jatim belum menerima laporan dari korban. “Sejauh ini Polda Jatim dan jajaran belum menerima pengaduan dan laporan korban. Kami mengimbau warga yang merasa jadi korban segera melapor untuk mempercepat proses penyelidikan,” pungkasnya. @wendy