LENSAINDONESIA.COM: PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO), produsen air minum dalam kemasan (AMDK) berencana membuka dia pabrik baru di Lampung dan Balikpapan.

Hal ini ditopang dari catatan pada semester pertama 2020, penjualan AMDK galon CLEO tercatat melonjak 44% dibanding periode yang sama tahun lalu,

Direktur Penjualan dan Distribusi Sariguna Primatirta, Toto Sucartono menjelaskan, untuk mendongkrak penjualan agar optimal, CLEO memastikan ketersediaan produk di tiap-tiap titik distribusi dengan mengandalkan jaringan distribusi yang ada.

“Saat ini CLEO sudah memiliki 27 pabrik AMDK yang ada di sejumlah wilayah di Indonesia. Kemudian untuk kanal distribusi CLEO tercatat ada 120 dan diproyeksikan kembali meningkat menjadi sebanyak 126 kanal tahun ini. Untuk itu, di tahun 2021 kami berencana akan membuka 2 pabrik baru di Lampung dan Balikpapan,” papar Toto saat dikonfirmasi melalui daring, Kamis (30/07).

Sementara itu di sisi omset penjualan, lanjut Toto, selama Januari – Juni 2020 lalu, penjualan bersih CLEO naik tipis 0,40% hingga menjadi Rp 493,94 miliar.

“Kenaikan ini dikontribusi dari penjualan segmen botol sebesar Rp 200,58 miliar, segmen bukan botol sebesar Rp 276,38 miliar, dan yang lainnya sebesar Rp 16,97 miliar,” tandas Toto saat dikonfirmasi via daring, Kamis (28/07).

Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, di sisi penjualan bersih, laba tahun berjalan yang didistribusikan kepada pemilik entitas induk atau laba bersih perusahaan terdorong naik tipis 1,19% secara tahunan atau year-on-year (yoy) dari semula Rp 63,93 miliar di semester I 2019 menjadi Rp 64,70 miliar.

Toto menambahkan, sampai tutup akhir tahun nanti, CLEO optimistis mampu raih pertumbuhan kinerja sebesar 8%-10%.

Namun, CLEO berpeluang meraih pertumbuhan lebih tinggi lagi, yakni di atas 10% jika mobilitas lintas kota, provinsi, dan pulau dipermudah. Tersendat atau tidaknya mobilitas masyarakat  berpengaruh pada perekonomian nasional.“Jika aturan yang menyulitkan untuk berpergian dihapus, maka masyarakat tidak akan takut untuk itu, saya yakin pertumbuhan ini masih bisa di atas 10%,” tegas Toto.

CLEO akan meluncurkan produk baru di semester kedua guna merangsang pasar. Darininformasi yang beredar, CLEO akan hadirkan produk baru Ecogreen pada Agustus 2020 mendatang.

“Kami akan terus berinovasi untuk mengembangkan produk-produk baru agar customer merasa puas dengan produk yang kami produksi,” ucap Wakil Direktur Utama PT Sariguna Primatirta Tbk Melisa Patricia di kesempatan yang sama.

Sebagai informasi, saat ini aset yang dimiliki PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) sudah mencapai Rp 1,3 triliun per Juni 2020. @Eld-Licom