LENSAINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendukung masyarakat yang tengah ‘demam’ gowes. Termasuk di Jatim meski masih dinyatakan pandemi COVID-19, namun para bikers tetap asyik bersepeda dan banyak dijumpai di jalan-jalan protokol.

Dukungan orang nomor satu di Jatim tersebut, dengan mengajak bikers bangga buatan Indonesia.

Seperti menggunakan sepeda yang asli buatan dalam negeri. Hal ini dilakukan juga sebagai salah satu strategi konkret untuk membantu pemulihan ekonomi Indonesia akibat wabah COVID-19.

“Polygon ini bagi Indonesia adalah sesuatu, karena tidak berkurang pasar ekspornya. Tapi ternyata Pak Yanto (Soejanto Widjaja Owner Polygon) bilang ada keterbatasan untuk impor, terutama untuk ban dan rantai. Sekitar 55 persen produk Polygon ini ternyata masuk pasar Amerika, Inggris, Jepang, Australia dan seterusnya. Saya ingin mengajak bangga buatan Indonesia bagi seluruh bikers,” kata Khofifah usai mengunjungi Pabrik Sepeda Polygon di Buduran Sidoarjo, Senin (03/08/2020).

Ia menyadari bahwa gowes sedang nge-tren di Indonesia dan dunia. Karenanya pihaknya berharap agar masyarakat membudayakan dengan sikap bangga buatan Indonesia. Sehingga membeli dan memakai produk lokal yang kualitasnya tak kalah dengan produk asing.

Sementara, Owner PT Insera Sena (Polygon Grup) Soejanto Widjaja mengakui bahwa permintaan ekspor sepeda mereknya mengalami peningkatan yang signifikan di saat tren gowes seperti sekarang ini.

“Sekitar 200 kontainer, kira-kira sekitar 50 ribuan. Kapasitas produksi biasanya sekitar 700 ribuan. Ini ada sedikit peningkatan. Memang permintaan pasar meningkat, kita agak kewalahan. Karena sepeda bahan bakunya tidak cukup banyak,” tukas pria yang akrab disapa Yanto ini.

Dalam kunjungannya tersebut Gubernur Khofifah juga diajak berkeliling melihat secara langsung proses perakitan sepeda. Bahkan, ia jugamenyempatkan mencoba unit sepeda Polygon dan berkeliling di sekitar pabrik.@sarifa