LENSAINDONESIA.COM: Hariyanto (18) warga Rumah Susun (Rusun) Sumbo, Semampir, Surabaya, diringkus usai melakukan aksi penjambretan di Jl Anggrek, Selasa (4/8/2020) malam.

Kanit Reskrim Polsek Genteng, Iptu Sutrisno mengatakan, pelaku memang kerap beraksi malam hari dan mengincar korban perempuan. Dia sengaja keliling di kawasan yang sepi dan kurang lampu penerangan.

“Saat melintas di Jalan Anggrek, bandit jalanan ini mendapatkan incarannya. Pelaku langsung beraksi dengan merampas Hp korban,” ujar Iptu Sutrisno, Rabu (5/7/2020).

Korban yang kaget sontak berteriak maling, dan menjadi pusat perhatian masyarakat dan pengendara di sekitar. “Petugas kring serse Polsek Genteng yang tahu hal itu bergegas ikut melakukan pengejaran terhadap pelaku yang tancap gas,” sambung Iptu Sutrisno.

Saat berusaha meloloskan diri, pelaku jatuh di Jl Kusuma Bangsa, akibat motor yang dikendarainya oleng.

Anggota Polsek Genteng yang kebetulan berada di sekitar kawasan tersebut, dengan mudah meringkus bandit jalanan yang telah melancarkan aksinya sebanyak 3 kali. “Pelaku sudah tiga kali melakukan penjambretan di tiga tempat yang berbeda,” pungkasnya.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti 1 Hp merek Xiaomi Note 3 dan 1 motor NMax.

Atas perbuatannya, pelaku disangkakan pasal 365 KUHP terkait tindak pencurian dan kekerasan (curas) dengan hukuman 5 tahun penjara. @wendy