LENSAINDONESIA.COM: Berhembus kabar miring, Presiden Jokowi siap pindah menjadi Warga Negara Singapura jika sudah tak jadi Presiden RI.

Narasi tersebut terungkap di sebuah akun Facebook atas nama Siti Aisah Bawazier dengan gambar berisikan screenshot narasi tersebut.

Unggahan tersebut dishare kembali 187 kali dan menuai komentar sebanyak 1300 kali. Postingan tersebut juga disisipkan sebuah narasi:
“Lengser terus ngumpet ya”

Penelusuran

Dari hasil penelurusan gambar dan narasi tersebut, ada beberapa media yang membahas bahwa klaim ini ada di tahun 2019.

Sebagaimana terpapar pada artikel hot.grid.id, klaim tersebut diposting oleh akun Twitter AdvokatBS yang menampilkan status bahwa Jokowi akan menetap di Singapura jika Jokowi kalah dan lengser dari kursi presiden.

Klaim ini bahkan berlanjut yang berisi staf Jokowi sudah mengajukan permanent resident dengan pemerintah Singapura, namun saat dilakukan penelusuran lebih lanjut nyatanya kebenaran atas klaim tersebut tidak terbukti.

Bahkan, status tersebut sempat direspon oleh Kaesang dan Gibran dengan komentar mengandung candaan dan tidak menanggapinya dengan serius, sehingga netizen ikut melanjutkan candaan mereka.
Dari foto yang digunakan, adalah foto artikel berita yabg diunggah detik.com yang berjudul “Jokowi akhirnya Larang Warga Mudik Lebaran” yang dipublikasikan pada 21 April 2020, di artikel ini Jokowi melakukan pelarangan kegiatan mudik dikarenakan untuk menghambat penyebaran COVID-19.

Jokowi tidak pindah warga negara 
Dari hasil penelusuran dan penjabaran di atas, dipastikan bahwa info Jokowi bakal berencana pindah warga negara Singapura jika lengser dari kursi presiden jelas Hoaks.@Mp,Eld-Licom