LENSAINDONESIA.COM: Anggota Komisi IV DPR RI, Ema Umiyyatul Chusna menyerahkan bantuan 5 unit motor gerobak beserta tangki semprot disinfektan kepada Pondok Pesantren Fatkhul Ulum, Desa Puton, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini diserahkan secara simbolis pada pengasus Ponpes Fatkhul Ulum, KH Ahmad Habibul Amin.

“Ada lima unit bantuan motor gerobak dan disinfektan telah diserahkan,” ungkapnya kepada lensaindonesia.com di Jombang, Kamis (06/08/2020).

Ning Ema panggilan akrab Ema Umiyyatul Chusna, sasaran bantuan ini adalah pondok pesantren, rumah sakit umum daerah (RSUD) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan juga kepada lembaga sosial lainnya.

Karena itu, lanjut Ning Ema, selain Ponpes Fatkhul Ulum, RSUD Jombang juga mendapat bantuan. Khusus RSUD Jombang, bantuan yang diserahkan berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan Drop Box atau tempat untuk pembuangan sampah/ limbah infeksius.

“Bantuan yang diberikan untuk RSUD Jombang juga ada APD dan Drop Box. Target dari program ini ialah tindak lanjut dari sosialisasi penanganan limbah B3, terutama limbah B3 infeksius, dalam rangka (penanganan) COVID-19,” jelas politisi PPP ini.

Mantan anggota legislatif DPRD Jombang ini menambahkan bahwa bantuan ini juga sebagai program pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Dalam hal ini Komisi IV DPR-RI bersama Kementerian KLHK berkerjasasama membantu pemberantasan COVID-19 di Kabupaten Jombang.

Sementara, Pengasuh Ponpes Fatkhul Ulum, KH Ahmad Habibul Amin menyampaikan terima kasih atas peran Komisi IV DPR RI dan Kementrian Lingkungan Hidup yang telah mendistribusikan bantuan berupa motor disinfektan yang berfungsi sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

“Bantuan ini sangat bermanfaat sekali, baik untuk lingkungan pesantren maupun kita manfaatkan di lingkungan,” tuturnya.

Bantuan ini akan dipergunakan pesantren yang juga sudah mempunyai program gerakan bersih-bersih masjid setiap Jumat. “Nah, kita bisa melakukan penyemprotan-penyemprotan di masjid-masjid,” pungkasnya.@Obi