LENSAINDONESIA.COM: Pub dan Karaoke Rasa Sayang Blue Fish di Jl Tegalsari 97, Surabaya, ternyata tak patuhi Perwali nomor 33 tahun 2020. Tempat hiburan milik Heri Kuncoro ini diam-diam masih beroperasional seperti biasa di saat yang lain tutup akibat pandemi covid-19.

Pantauan Lensa Indonesia selama beberapa hari di Rasa Sayang Blue Fish, memang tak ada sajian live musik dangdut seperti hari-hari biasa. Namun pengelola menyiasati dengan tetap menyewakan room-room karaoke plus purel yang bisa disewa menemani tamu menyanyi.

Salah satu karyawan Rasa Sayang Blue Fish mengatakan tempatnya ini buka mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Menurutnya, room karaoke disewakan dengan sistem paketan. Ada yang Rp 700 ribu gratis 1 cewek (purel) dan Rp 1 juta dapat 2 cewek,” jelas karyawan yang identitasnya sengaja tak dicantumkan ini.

Salah satu pedagang kaki lima di sekitar Rasa Sayang Blue Fish mengungkapkan hal senada. Menurutnya, tempat hiburan itu tetap buka meski kondisi gelap dari luar.

“Buka, di dalam banyak ceweknya kok, kecil-kecil gitu. Parkir kendaraan sengaja gak di depan, tapi agak ke seberang sana,” terang pria ini, Jumat (7/8/2020).

Kasatpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan patroli setiap hari, dan tidak pandang bulu dalam menegakkan Perwali 33 tahun 2020. “Saya setiap hari sudah patroli, tapi masih saja banyak yang nyuri-nyuri,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan Lensa Indonesia di lokasi, tampak gerbang tertutup rapat dan kondisi tempat dibuat gelap dengan sengaja tidak menyalakan lampu. Namun di dalam, pengunjung bisa langsung memesan bir dan masuk room karaoke bila menemukan purel yang cocok untuk menemani. @wendy/rofik