LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Kota Surabaya mengajukan permohonan pembangunan akses jalan baru menuju Stadion Gelora Bung Tomo (SGBT).

Jalan baru ini untuk mempermudah akses menuju SGBT jelang Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Surabaya.

Karena itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pun berangkat ke Jakarta mengunjungi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI Kamis (06/08/2020).

“Kita tahun 2021 akan jadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20. Nah, kita ada pembangunan rencana jalan. Jadi yang jalan eksisting ke stadion (GBT) itu sudah kita bangun,” terang Risma.

Meskipun akses jalan lain menuju Stadion GBT sudah dikerjakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, serta pihak pengembang. Pihaknya tetap mengusulkan rencana pembangunan akses jalan baru ke Kemen PUPR.

“Tapi kita membuat jalan baru untuk mendukung ini. Karena itu kami mengusulkan ke Pak Menteri PUPR untuk sebagian,” ungkap dia.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini berharap, rencana pembangunan akses jalan baru menuju SGBT itu bisa rampung sebelum digelarnya Piala Dunia U-20 tahun 2021.
“Harapannya (selesai) sebelum pertandingan U-20 2021,” pungkasnya.

Akses jalan baru ini nantinya tak hanya akan digunakan sebagai akses menuju SGBT pada penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Bila terealisasi, jalan baru tersebht juga dapat dimanfaatkan sebagai akses menuju Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

“Kalau itu bisa direali sasi, sebetulnya bukan hanya Stadion GBT yang kena, tapi TPA Benowo dan Pelabuhan Teluk Lamong yang baru juga bisa terlayani,” ujarnya.@budi