LENSAINDONESIA.COM: Pandemi COVID-19 atau Corona yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia membuat segala sesuatu berubah dari sebelum terjadinya pandemi. Semua aktifitas berubah mengikuti kebiasaan baru (New Normal). Tak terkecuali di dunia beladiri, New Normal menuntut para penggiat beladiri untuk lebih kreatif dan inovatif tetap bisa beraktifitas dan melukis.

Adalah Warta Jawara yang merupakan portal beladiri di Indonesia yang terus berinovasi untuk membantu menginformasikan serta mendukung eksistensi beladiri-beladiri yang ada di Indonesia. Salah satunya dengan mengadakan festival Pencak Silat secara virtual yang bertajuk “Pentjak Djawara Festival 2020 – Virtual Pentjak Choreography Competition”.

Perlombaan koreografi Pencak Silat diadakan secara virtual melalui jejaring sosial Youtube. Gelaran festival virtual ini didukung oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) wilayah Jawa Timur dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Timur, serta menggandeng beberapa media online ternama seperti LensaIndonesia.com, Times Indonesia dan IndonesiaBagus.co.id sebagai media partner.

“Pelestarian budaya bangsa Indonesia tetap harus berjalan, meskipun di era Normal Baru. Sehingga mengadakan acara budaya bentuk dalam bentuk virtual merupakan salah satu alternatif utama untuk menjaga konsistensi kita dalam melestarikan, memberikan dan mengembalikan budaya, dalam hal ini adalah pencak silat,” pungkas Wara Estrini , Ketua Pelaksana Pentjak Djawara Festival 2020.

Wara Estrini bersama Andri Cahya Utama (Pewaris Pencak Silat Phashadja Mataram Yogyakarta).

Pentjak Djawara Festival 2020 yang digaungkan sejak awal bulan Juli 2020 di berbagai media sosial ini mendapat yang luar biasa dari para penggiat Pencak Silat. Sekitar 50 tim dari berbagai perguruan Pencak Silat di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI. Jakarta, Sumatra Barat dan beberapa daerah lain di Indonesia akan menampilkan kepiawaian dalam video masing-masing tim yang akan ditampilkan secara serentak di saluran Youtube Warta Jawara pada 13 Agustus 2020 mendatang.

“Festival Pencak Djawara 2020 ini merupakan acara yang pertama kali diadakan oleh Warta Jawara. Semoga kedepannya bisa diselenggarakan secara rutin dan lebih baik lagi, sehingga dapat terwujud harapan kami untuk menjadi media silaturahmi dan pelestari budaya beladiri di Indonesia.” Tutup Wara. @ LI-13