LENSAINDONESIA.COM: Sambut Kemerdekaan RI ke 75, Warga Kampung Edukasi Sampah RT.23 RW.07 Kelurahan Sekardangan, Kabupaten Sidoarjo, membuat jalur sepeda dengan motif warna-warni.

Setidaknya pembuatan jalur sepeda tersebut membantu untuk.menertibkan lalu lintas kota Sidoarjo khususnya untuk pesepeda yang kini kian ngetrend di Surabaya dan Sudoarjo.

Ketua RT.23 RW.07 Kelurahan Kampung Edukasi Sampah, Hery Sugiono mengatakan, ide warganya membuat jalur khusus sepeda ini dilatarbelakangi atas keprihatinan para warganya atas terpinggirkannya pengguna sepeda oleh pengguna kendaraan bermotor lain ketika berada dijalan.

“Tujuan utama pembuatan jalur sepeda tersebut untuk mengedukasi warga masyarakat yang melintas wilayahnya membiasakan belajar berbagi ruang atau jalan. Untuk itu, para pengguna jalan diharapkan sudah terbiasa berbagi jalan dengan para pengguna jalan lainnya khususnya pesepeda,” papar Hery saat diwawancarai, Minggu (09/08/2020).

Sementara itu, Rahmad Septiarto, warga penghobi sepeda yang tergabung dalam folks.id, kelompok pesepeda lipat Sidoarjo, mengapresiasi inisiatif warga Kampung Edukasi Sampah telah menyediakan jalur khusus sepeda agar dapat mengedukasi warga masyarakat terbiasa berbagi jalan.

“Ide dan kreatifitas warga ini akan menjadi sebuah langkah nyata peran serta masyarakat, sehingga rasanya jika masyarakat di lingkungan lainnya mau mereplika hal yang telah dilakukan Kampung Edukasi Sampah, maka proses edukasi dan membiasakan berbagi jalan dengan pesepeda akan mudah terwujud,” tutur Rachmad.

Jalur sepeda sendiri merupakan jalur khusus yang diperuntukkan untuk lalu lintas pesepeda , terpisah dari lalu lintas kendaraan bermotor untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas pengguna sepeda.

Jalur sepeda dapat dikatakan berhasil dan bermanfaat, jika para orang tua bisa merasa nyaman dan tenang melepaskan anak-anaknya bersepeda di jalan umum.@Rel-Licomy