LENSAINDONESIA.COM: Presiden Jokowi kali ini diisukan mendapat dukungan dari sejumlah pemimpin negara menjadi presiden seumur hidup.

Info tersebut hingga Viral di media sosial Facebook hasil postingan akun Yunus Pasanreseng Andi Padi.

Postingan Yunus Pasanreseng Andi Padi juga mengunggah foto beberapa pemimpin dunia bersama Jokowi seperti halnya Presiden Amerika, Donald Trump; Presiden Filipina Rodrigo Duterte; Presiden Tiongkok, Xi Jinping; Presiden Vladimir Putin berikut disisipi narasi.

Isi narasinya sebagai berikut:

Bagaimana teman² pendukung setia…!?

Foto acara Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) leaders’ summit di Vietnam (11 /11/2017).

Dari unggahan foto tersebut, dan setelah ditelusuri bahwa foto tersebut bukan bentuk dukungan pemimpin dunia kepada Presiden Joko Widodo menjadi Presiden RI seumur hidup. Foto tersebut merupakan dokumentasi acara Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) leaders’ summit di Vietnam pada 11 November 2017 lalu.

Foto tersebut hasil bidikan Jorge Silva, fotografer AFP. Bahkan, foto bisa ditemui di laman gettyimages.com. Foto tersebut juga sempat diunggah di beberapa media.

Komteks foto dipelintir

Dengan demikian disimpulkan bahwa konten yang diunggah dari akun Yunus tersebut memelintir konteks foto aslinya. Sebab itu, konten tersebut dikategorikan False Context atau Konten yang Salah alias Hoaks.@mp,Eld-Licom