LENSAINDONESIA.COM: Awan raksasa mirip gelombang tsunami muncul di langit Meulaboh, Aceh Barat, Senin (10/08/2020). Fenomena alam unik ini pun langsung viral di media sosial.

Bentuk awan besar dan memanjang seperti ombak besar yang menggulung. Ada bagian awan yang terlihat menghitam, abu-abu dan putih.

Menurut BMKG, fenomena ini dikenal sebagai awan Arcus atau awan tsunami.

Awan tersebut juga pernah muncul di sekitar Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar pada hari pertama 2019 lalu.

“Awan berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan Tsunami,” kata Kasi Data BMKG Stasiun Sultan Iskandar Muda, Zakaria.

Awan tsunami. FOTO: istimewa

Menurut Zakaria, awan itu merupakan bagian dari awan kumulonimbus. Awan ini bisa menimbulkan angin kencang hingga hujan es.

“Saya terima informasi begitu (di Meulaboh). Awan ini merupakan bagian dari awan CB (kumulonimbus). Awan ini merupakan awan rendah dan biasanya berada pada satu level (single level). Awan ini juga dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat, bisa juga terjadi kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es,” jelasnya.

Selain itu, awan ini biasanya terjadi di daerah yang tidak begitu luas sehingga tidak dapat dipantau oleh satelit. Dia mengimbau warga agar tak berada di lokasi terbuka jika melihat awan tersebut.

“Bila terlihat awan itu agar cepat-cepat mencari perlindungan, jangan bertahan di lapangan terbuka dan bagi nelayan agar segera berlabuh ke darat,” imbau Zakaria.@LI-13/dtc/l6