LENSAINDONESIA.COM: PDI Perjuangan (PDIP) kembali mengumumkan sejumlah rekomendasi jelang Pilkada Serentak 2020. Ini merupakan pengumuman tahap ketiga dan khusus Provinsi Jawa Timur hanya diberikan untuk 5 daerah, Kabupaten Gresik, Kabuoaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Ponorogo.

Pengumuman tetap dilakukan secara virtual dipimpin langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan pengurus DPP lainnya dengan disaksikan bersama seluruh calon kepala daerah beserta wakil yang mendapat rekomendasi PDIP di Kantor DPD PDIP masing-masing.

“Bung Karno dulu mendirikan Partai Nasional Indonesia yang jadi cikal bakal PDI Perjuangan. Lewat parpol memperkuat untuk mengorganisir rakyat. Karenanya kami tidak main-main untuk memperjuangkan rakyat,” tegas Megawati lewat siaran virtual yang disaksikan oleh Pengurus DPD PDIP Jatim beserta pasangan calon kepala daerah di Kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Raya Kendangsari Industri Surabaya, Selasa (11/08/2020).

Sementara, Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi mengaku optimistis bahwa nama-nama yang telah mendapat rekomendasi dari partainya ini akan menang di Pilkada nanti. Menurut dia ada syaratnya agar bisa menang.

“Yang dicalonkan ini untuk menang. Untuk bisa menang ada syaratnya, yaitu solid. Pikiran, perasaan, gerakan harus sama. Jangan berkata solid kalau belum bisa menyatukan pikiran, perasan dan menyamakan gerakan kalian,” tambah Ketua DPRD Jatim ini.

Penyerahan rekomendasi calon kepala daerah Kabupaten Banyuwangi.

Sebanyak 5 calon kepala daerah di Jatim yang mendapat rekomendasi PDIP, Tuban: Setiajit dan Armaya Mangkunegara, Gresik: Fandi Achmad Yani dan Aminatun Habibah, Banyuwangi: Ipuk Fiestiandani dan Sugirah, Ponorogo: Sugiri Sancoko dan Lisdyarita dan Lamongan: Kartika Hidayati dan Sa’im.

Total ingga saat ini PDIP telah memberi rekomendasi untuk 14 daerah dari total 19 daerah yang mengikuti Pilkada pada 9 Desember 2020. Yakni Sumenep, Kabupaten Malang, Ngawi, Kabupaten Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Mojokerto, Trenggalek, Kota Pasuruan. Kemudian, Gresik, Tuban, Lamongan, Banyuwangi dan Ponorogo.@sarifa