LENSAINDONESIA.COM: Polemik logo HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia yang terdapat gambar dikaitkan dengan tanda salib umat Kristiniani, diharapkan tidak berkepenjangan. Aa Gym angkat bicara dan minta semua pihak berbaik sangka, serta mengimbau pihak pengambil keputusan agar peka menghindari peluang munculnya masalah baru yang tidak perlu.

“Walau kita berbaik sangka tak ada niat tak adil di balik semua ini. Namun, bisa jadi pelajaran, bagi kita semua, dalam situasi banyak masalah seperti sekarang ini, seyogyanya semua pihak berpikir berlapis lapis, bijaksana, dan sangat peka terhadap peluang terjadinya masalah baru yang tak perlu,” komentar Aa Gym, panggilan populer Abdullah Gynastiar lewat akunnya di Instagram.

Aa Gym di Instagramnya, Selasa (11/8/2020), walaupun mengajak semua pihak berbaik sangka, namun dirinya memahami bila logo itu memantik polemik. “Sangat bisa dimaklumi bila jadi perbedaan pendapat. Melihat spanduk resmi pemerintah untuk 17 Agustus 2020 ini. Karena memang sekilas seperti ada tanda salib yang besar,” urai Aa Gym.

Pendiri Pesantreen Daarut Tauhid di Jawa Barat ini mendoakan Indonesia semakin mendapatkan keberkahan di usia yang sedang dirayakan ke-75. Aa Gym juga berdoa agar bangsa Indonesia tetap rukun dan tetap mampu menjaga kebhinekaan NKRI.

“Semoga ulang tahun ke-75 ini, bangsa kita semakin adil dan dewasa serta diberkahi Alloh pencipta kita semua. Amin. Tetap jaga kerukunan dan rasa persaudaraan dalam keberagaman di negeri yang kita cintai ini ya,” imbuh Aa Gym.

Aa Gym juga meminta semua pihak juga memaklumi munculnya protes terkait logo itu.

“Juga harus kita maklumi bila ada yang mempertanyakan dan protes. Juga bisa dimaklumi bila ada yang semangat 17-annya jadi berkurang karena merasa kurang nyaman,” sambungnya.

Sebelumnya, Kementerian Sekretariat Negara mengklarifikasi logo peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI itu. Sekretaris Kemensetneg Setya Utama mengatakan penetapan logo itu, karena sesuai dengan pedoman visual penggunaan logo peringatan HUT ke-75.

“Sesuai dengan pedoman visual penggunaan logo peringatan HUT ke-75 RI,” jelas Setya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Senin (10/8/2020). @jrk