LENSAINDONESIA.COM: Heboh drummer band Superman Is Dead (SID), Jerinx alias I Gede Ari Astina terkait postingan di akun istagramnya, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka ujaran kebencian. Setelah menjalani pemeriksaan, Jerinx langsung ditahan di Mapoda Bali, Rabu ini (12/8/2020).

“Sudah diperiksa, dan jadi tersangka, hari ini ditahan di Rutan Polda Bali,” kata Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus)
Polda Bali, Kombes Kus Yuliar Nugroho menjawab pertanyaan wartawan, Rabu (12/8/2020).

Setelah Jerinx menjalani pemeriksaan masalah dirinya me-posting di akun Instagram-nya yang menyebut “Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai kacung Badan Kesehatan Dunia (WHO), tindakan Jerinx dinyatakan memenuhi unsur pidana.

“Unsur delik membuat pencemaran nama baik, penghinaan dan menimbulkan satu permusuhan kepada IDI sesuai UU ITE, terpenuhi” jelasnya.

Jerinx pun resmi jadi tersangka melanggar pidana pasal 28 ayat (2) UU ITE dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan/atau denda maksimal Rp 1 miliar. Isi pasal di UU ITE ini, yaitu “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)”.

Sebelumnya, IDI melaporkan Jerinx lantaran dianggap menghina profesi kedokteran terkait dengan masalah pandemi Covid-19. Gegaranya Jernx mengunggah di akun Instagramnya, @jrx_sid pada 13 dan 15 Juni. Isinya, “Gara-gara bangga jadi kacung WHO, IDI dan Rumah sakit dengan seenaknya mewajibkan semua orang yang akan melahirkan tes Covid-19”.

Setelah postingannya heboh dan viral, Jerinx menyampaikan permintaan maaf terbuka kepada IDI. Jerinx menyampaikan postinyannya semata-mata bentuk rasa empati kepada IDI.

“Saya klarifikasi sekarang, saya tidak punya kebencian. Saya tidak punya niat menghancurkan dan menyakiti perasaan kawan-kawan IDI dan ini 100 persen sebuah kritikan. Saya tidak punya kebencian personal kepada IDI. Jadi tolong jangan ditanggapi dengan perasaan,” kata Jerinx dikutip rmol.id. @jrk