LENSAINDONESIA.COM: Barcelona langsung memecat pelatih Quique Setien setelah mengalami kekalahan tragis 8-2 dari Bayern Munich di perempat-final Liga Champions beberapa hari lalu. Sebagai gantinya, Barca memboyong pelatih Timnas Belanda Ronald Koeman.

Barca menyatakan telah mencapai kesepakatan dengan memakai dengan pelatih 57 tahun itu dengan durasi kontrak selama dua tahun hingga 30 Juni 2022.

Bagi Barcelona, Koeman bukanlah orang asing. Sebab, mantan bek tangguh itu pernah berseragam Blaugrana pada periode 1989–1995. Koeman merupakan pahlawan Barcelona saat menjuarai Kejuaraan Eropa (sekarang Liga Champions) musim 1991-1992.

Pada laga final menghadapi Sampdoria yang digelar di Stadion Wembley, Inggris, Koeman mencetak gol tunggal kemenangan Barcelona melalui tendangan bebas pada menit ke-112 masa extra time.

Trofi Kejuaraan Eropa 1992 menjadi salah satu gelar bergengsi yang diraih Koeman selama enam musim membela Barcelona. Gelar lainnya yang diraih Koeman di antaranya adalah empat titel La Liga, satu Copa del Rey, dan tiga Supercopa de Espana.

Selain pernah bermain untuk Barcelona, Koeman juga sempat menjadi asisten pelatih Blaugrana pada 1998-2000. Saat itu, ia menjadi tangan kanan pelatih kepala, Louis van Gaal.@LI-13/bbs