LENSAINDONESIA.COM: Umat Islam penjuru dunia tengah memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah. Berbeda dengan tahun lalu, peringatan kali ini ditengah pandemi Covid 19 dilaksanakan secara virtual dan terbatas.

Pada momentum tersebut, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersama Gubernur Jawa Timur memperingatinya dengan cara virtual live zoom dan disiarkan langsung salah satu staisun televisi di Jawa Timur, (19/08/2020 malam.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersama kepala OPD, tokoh agama dan masyarakat secara terbatas, menggelar doa bersama 1 Muharram 1442 H di Pendopo Kabupaten Jombang.

Di Kabupaten Jombang acara diawali dengan istighosah, pembacaan sholawat nariyah dan diakhiri dengan doa bersama dan potong tumpeng. Sementara di Surabaya diakhiri dengan pagelaran wayang kulit dengan Dalang Ki Rudi Gareng membawakan lakon “Petruk Ndukun”.

“Tahun lalu, kita dapat memperingatinya dengan semarak menggelar pawai, tapi tahun ini ditengah pandemi Covid 19 yang melanda dunia, kegiatan doa bersama secara terbatas ini adalah sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kita menyambut 1 Muharram 1442,” terang Bupati Mundjidah Wahab.

Semoga masyarakat Jombang senantiasa dalam lindungan Alloh SWT, hidup rukun, damai penuh rahmat barokah dan sejahtera,” tuturnya.

Bupati juga berharap dengan peringatan dan pembacaan sholawat nariyah, serta doa bersama akan membawa Kabupaten Jombang senantiasa dalam keadaan kondusif, roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik, mampu memberikan manfaat dan kemaslahatan umat.

“Dan semoga wabah pandemi covid 19 segera diangkat oleh Alloh SWT, aamiin ya rabbal alamin,” pungkas Bupati Mundjidah Wahab.@Obi