LENSAINDONESIA.COM: Aplikasi TikTok itu milik Partai Komunis Indonesia (PKI), demikian yang diunggah dari akun Facebook Siti Masruroh.

Di akun tersebut mengunggah foto yang menampilkan sejumlah orang tengah berpose di depan gedung ByteDance. Terlihat kumpulan orang tersebut membentangkan bendera merah dengan lambang palu arit.Dari foto tersebut tersisip narasi berikut:

Ternyata tik tok si empunya PKI.
Tanpa kita sadari yg sering tik tokan menyumbang
dana untuk anak cucu PKI Naudzubillah”

Acara Partai Tiongkok

Sebagaimana diketahui bahwa aplikasi TikTok merupakan besutan dan milik China ByteDancem, perusahaan teknologi asal Tiongkok.

Terkait foto yang diunggah, tiada lain foto tersebut diambil saat acara Partai Komunis Tiongkok yang berlangsung di kantor pusat ByteDance. Nampak beberapa pejabat ekskutif ByteDance berpose bersama anggota Partai Komunis Tiongkok.

Namun terkait foto yang ada dalam unggahan akun Facebook tersebut ditemukan pada artikel berujudul “TikTok owners show true colors with communist flag”. Artikel itu dimuat di situs Taiwannews.com pada 6 Agustus 2020 lalu.

Foto tersebut adalah acara Partai Komunis Tiongkok yang digelar di kantor pusat ByteDance perusahaan induk aplikasi TikTok di distrik Haidian Beijing.
Bahkan, dari foto ini sempat menimbulklan ketegangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok, di tengah tuduhan TikTok menjual data pengguna ke pemerintah Tiongkok. Presiden AS Donald Trump memberi Microsoft waktu hingga 15 September untuk mencapai kesepakatan guna mengakuisisi aplikasiTikTo iji, sebelum melarang aplikasi tersebut dari AS.

Sebagai informasi, Tik Tok didirikan oleh Yiming pria lulusan Software Engineer dari Universitas Nankai. Kemudian ia mendirikan perusahaan teknologi ByteDance pada Maret 2012. Lewat perusahaan tersebut Yiming mengembangkan aplikasi TikTok.@mf,Eld-Licom