LENSAINDONESIA.COM: Gedung Utama Kantor Kejaksaan Agung RO, Jalan Sultan Hasanudin Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, terbakar hebat, Jumat malam (21/8/2020). Api berkobar-kobar melalap Lantai 6 sejak Pukul 18.30 WIB, hingga merembet ke lantai 1. Bahkan, sampai Pukul 22.00 WIB belum berhasil dipadamkan. Sebanyak 40 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dikerahkan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria turun langsung ke lokasi. Gubernur Anies Baswedan ikut mengomando prosesi pemadaman, selain Kapolda dan Wagub Ahmad Riza Patria.

Para penanggungjawab wilayah DKI Jakarta ini saling mengarahkan para petugas yang berupaya memadamkan api, dan mengamankan lokasi, serta melakukan evakuasi barang-barang yang masih bisa diselematkan.

“Api diduga berawal dari Lantai 6, dengan cepat berkobar merembet ke lantai lainnya. Sekarang sedang diupayakan jangan sampai merembet ke gedung lainnya,” jelas Kapolda Irjen Pol Nana Sujana.

Kapolda mengatakan, pihaknya belum bisa menginformasikan penyebab kebakaran. Nana sudah memerintahkan Kapolres Jakarta Selatan, agar mengerahkan anggotanya untuk mengamankan sentra-sentra khusus di Kejagung, dan membantu mengevakuasi benda-benda yang bisa diselamatkan.

“Sampai sekarang penyebab kebakaran, kami akan melakukan penyelidikan. Sementara ini, kami masih dalam rangka menyelesaikan
dulu pemadaman, dari awal langsung kami perintahkan Kapolres Jakarta Selatan untuk mengamankan dan membantu mengevakuasi,” kata Nana Sujana.

Juga ditegaskan bahwa tahanan Kejaksaan Agung masih aman, karena berada di bangunan bagian belakang. “Tahanan masih aman, karena berada di ruang belakang,” kata Nana Sujana.

Puluhan tahanan di Kejaksaan itu dievakuasi diangkut beberapa unit mobil tahanan dipindakan ke lokasi tahanan yang aman.

Terpisah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, Dinas Kebakaran pertama kali mendapat laporan api muncul sejak Pukul 19.10 WIB. Seluruh petugas Damkar dikerahkan, ada 230 tenaga, dan 40 unit Damkar diupayakan bisa memadamkan.

“Alhamdulillah, sampai Pukul 22.20 ini api berhasil dipadamkan dan tidak terjadi perluasan. Juga tidak ada korban,” kata Anies.

Anies mengaku lega karena api berhasil dipadamkan dan tidak merembet ke gedung-gedung lain. “Upaya pemadaman terus dilakukanm sehingga api tidak merembet ke gedung-gedung sebelahnya,” kata Anies. @jrk