LENSAINDONESIA.COM: Universitas Negeri Surabaya(Unesa) melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Peduli Covid-19 membantu UMKM di kawasan Tanggulangin, Sidoarjo Jawa Timur.

Art Collection, salah satu UMKM yang terdampak Covid-19 untuk memproduksi masker. Langkah ini merupakan strategi agar pelaku UMKM tetap bertahan di masa pandemi ini.

Dr. Sapto Wibowo, M.Pd., Ketua PKM Unesa mengatakan, kendati pelaku UMKM saat ini tengah menghadapi tekanan yang sangat berat. Sebab pandemi ini telah membuat mereka tidak bisa melakukan aktivitas ekonomi secara normal maka langkah ini dijalankan.

“Dimana UD. Art Collection semula pengrajin tas asal Tanggulangin Sidoarjo, kini berubah menjadi pembuat masker dari Kain. Hal ini dilakukan untuk menguatkan perekonomian usaha kecil untuk mendukung pemerintah dalam menyelamatkan UMKM, tandas Sapto dalam keterangan resminya, Senin (24/08/2020).

Selain pemberdayaan UMKM, menurut Sapto hasil produksi masker kain dari UD. Art Collection ini akan didistribusikan ke daerah-daerah yang ber-zona merah, maupun kepada masyarakat yang membutuhkan masker di wilayah Sidoarjo.
“Memberdayakan dan menjaga eksistensi UMKM itu sama dengan memberdayakan tenaga kerja yang ada. Terutama dimasa seperti ini. Hal itu merupakan cara paling mulia memberikan pekerjaan dan mensejahterakan masyarakat sekitar Tanggulanhin Sidoarjo,” tambah Sapto.

Sementara itu, Pandu Narwatama perwakilan pengurus RT 01/06 Perum Rewwin Sidoarjo menyampaikan, masker ini akan membantu masyarakat agar bisa beraktifitas di luar.

“Kami sangat besyukur menerima bantuan maaker ini. Sebab masker ini sangat berguna bagi masyarakat perumahan Rewwin Sidoarjo. Sekaligus bisa membantu mereka di saat beraktifitas di luar rumah,” tandas Pandu.

Kegiatan ini diharapkan menjadi pendorong bagi para sivitas akademika Unesa agar senantiasa saling berbagi dengan sesama. Kendati minimal, namun sangat berguna bagi masyarakat.@Rel-Licom