LENSAINDONESIA.COM: Pentjak Djawara Festival 2020 selesai digelar. Warta Jawara selaku penyelenggara, telah memutuskan pemenang festival pencak silat virtual yang diselenggarakan sejak tanggal 13-23 Agustus 2020 tersebut.

Berikut para tim pemenang ‘Pentjak Djawara Festival 2020 – Virtual Pentjak Choreography Competition’:

Juara 1: Tim Persinas Asad Pajaran dari Persinas Asad (Kabupaten Madiun).

Juara 2: Tim Jagad Kera Sakti dari IKS PI Kera Sakti (Kabupaten Madiun).

Juara 3: Tim Bhadrika Timoer dari Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda (Kabupaten Madiun).

Harapan 1: Tim PSHW TM Cabang Ponorogo dari Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda (Kabupaten Ponorogo).

Harapan 2: Tim Buana Bagaspati dari Padepokan Maenpo Buana Bagaspati (Kota Bandung).

Harapan 3: Suaka Pasung Laksa – Team A dari Suaka Pasung Laksa (Kabupaten Banyuwangi).

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk tetap menjaga konsistensi dalam melestarikan, menginformasikan dan mempromosikan budaya, dalam hal ini adalah pencak silat,” kata Wara Estrini selaku Ketua Pelaksana Pentjak Djawara Festival 2020, Rabu (26/08/2020).

Menurutnya, event budaya secara virtual merupakan salah satu alternatif utama untuk pelestarian budaya bangsa di era new normal seperti saat ini.

“Semoga Pentjak Djawara Festival 2020 bisa diselenggarakan secara rutin dan kedepannya lebih baik lagi. Harapan kami, Warta Jawara dapat menjadi media silaturahmi dan pelestari budaya beladiri di Indonesia termasuk pencak silat,” tambahnya.

Pentjak Djawara Festival 2020 diikuti oleh sekitar 50 tim perguruan pencak silat dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatra Barat dan beberapa daerah lain.

Gelaran ini didukung oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) wilayah Jawa Timur dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Timur, serta menggandeng beberapa media online ternama seperti LensaIndonesia.com, TIMESIndonesia.co.id dan IndonesiaBagus.co.id sebagai media partner.@LI-13