LENSAINDONESIA.COM: Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya rutin memberikan beasiswa khusus bagi taruna/taruni.

Ada dua kriteria beasiswa yang akan diberikan, yaitu yang berprestasi dan mengalami keterbatasan kemampuan ekonomi.

Pemberian beasiswa sangat dibutuhkan, terlebih disaat pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir hingga sekarang.

Direktur Poltekbang Surabaya Achmad Setiyo Prabowo mengatakan, beasiswa ini berdasarkan SK.446/POLTEKBANG.SBY-2020 tentang Pemberian Bantuan Biaya Pendidikan Taruna Berprestasi dan Taruna dengan Keterbatasan Kemampuan Ekonomi Periode Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 Program Diploma III.

“Kami membagikan beasiswa untuk 25 taruna/taruni berprestasi dan 52 taruna/taruni yang mengalami keterbatasan kemampuan ekonomi. Ini merupakan bagian amanat pemerintah, di antaranya berdasarkan PP No 51/2012 tentang Sumber Daya Manusia di bidang Transportasi. Dan Permenhub No 63/2018 tentang Tata Cara Pemberian Bantuan Pendidikan dan Pelatihan serta Beasiswa di bidang Transportasi,” kata Achmad Setiyo Prabowo ditemui di Kampus Poltekbang Surabaya, Kamis (03/09/2020).

Ia berharap pemberian beasiswa ini bisa meringankan beban orang tua para taruna/taruni, juga menjaga semangat para taruna/taruni yang berprestasi agar terus berprestasi.

“Beasiswa ini rutin kami berikan. Anggaran berasal dari DIPA Poltekbang Surabaya.
Besarannya tidak sama tiap tahun, tapi bisanya kisarannya tidak terlalu jauh berbeda. Semoga bermanfaat,” tegasnya.

Terkait besaran nominal beasiswa, yakni masing-masing taruna/taruni mendapat Rp 5 juta. Ini berlaku sama bagi yang berprestasi maupun keterbatasan kemampuan ekonomi.

“Sistem beasiswa yang kami berikan memotong secara langsung dari jumlah SPP per semester. Namun kami memberikan sendiri, jadi bisa dibuat untuk membayar SPP selanjutnya atau keperluan lainnya. Selama pandemi kami juga beri bantuan pulsa bagi seluruh taruna/taruni sejak Maret. Nominalnya Rp 100 ribu per taruna,” imbuh Achmad Setiyo.

Khusus di masa pandemi COVID-19 ini juga, Poltekbang Surabaya memberikan relaksasi pembayaran SPP bagi seluruh taruna/taruni. Pembayaran telah diundur hingga dua bulan dari batas waktu pembayaran.@sarifa