LENSAINDONESIA.COM: Ribuan warga turun ke jalan menyambut keberangkatan pasangan calon wali kota-calon wakil wali kota Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno mendaftar ke KPU Surabaya, Minggu (06/09/2020).

Massa yang sebagian besar simpatisan partai pendukung Machfud-Mujiaman itu sebelumnya akan menunggu di KPU, karena dihalau petugas demi penerapan social distancing, sembari menunggu kedatangan jagoannya dalam perjalanan dari Makam Bungkul ribuan massa tersebut kemudian memilih berbaris di sepanjang Jl Adityawarman hingga Jl Ciliwung.

Teriakan yel-yel simpatisan warga Surabaya dilakukan di sepanjang jalan, dari posko pemenangan hingga ke KPU Kota Surabaya.

Aksi itu sekaligus untuk menghindari kerumunan massa yang terlalu banyak di sekitar KPU.

“Ini merupakan inisiatif mereka sendiri. Sedikitnya sudah ada 2 ribu lebih relawan yang menyambut keberangkatan Pak Machfud-Mujiaman. Mereka ingin memberikan dukungan tanpa melanggar protokol kesehatan. Sebab bagaimana pun angka kasus COVID-19 di Surabaya masih tinggi,” jelas Pembina Relawan Machfud Arifin Arek Suroboyo (Remaas), drg David Adreasmito.

David mengatakan jika para relawan itu sebelumnya juga membekali diri masing-masing dengan masker dan hand sanitizer.@LI-13