LENSAINDONESIA.COM: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah rampung memberikan seluruh rekomendasi resmi partai kepada pasangan calon peserta Pilkada 2020 di 19 kabupaten/kota di Jatim yang mengikuti Pilkada Serentak 2020.

Terakhir, PKS telah memberikan rekom di 3 daerah di Jatim, yakni Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang.

Untuk Pilkada Kabupaten Trenggalek, rekomendasi dan form B1KWK diserahkan kepada pasangan Alfan Rianto-Zaenal Fanani pada 4 September 2020 berlokasi di Kantor DPD PKS.

Sedangkan pada Pilkada Kabupaten Blitar, terjadi perubahan rekomendasi PKS yang telah sempat diserahkan pada pasangan Abdul Munib-Niko Bagus pada Rakornas 29 Agustus lalu. Karena pasangan ini tidak jadi mendapatkan rekomendasi PKB, maka rekomendasi PKS beralih kepada pasangan calon Rini Syarifah-HR Santoso yang mendapat rekomendasi PKB.

Rekomendasi dan form B1KWK diserahkan DPD PKS Kabupaten Blitar kepada pasangan Rini Syarifah-HR Santoso (Mak Rini-Madhe Santoso) pada 4 September 2020 di Kantor DPD PKS Kabupaten Blitar.

Selanjutnya, pada 6 September 2020, DPD PKS Kabupaten Malang menyerahkan rekomendasi dukungan kepada pasangan Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LADUB) sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jatim Irwan Setiawan menyatakan dengan adanya rekomendasi terakhir ini, maka telah menggenapi 16 daerah lain yang sudah diserahkan SK nya pada saat Rakornas PKS 29 Agustus 2020 lalu.

“Alhamdulillah PKS berpartisipasi penuh dalam gelaran 19 Pilkada 2020 di Jawa Timur. Kami berikhtiar menghasilkan pemimpin daerah yang sesuai dengan kehendak rakyat yakni dapat memberikan kemajuan bagi daerah dan kesejahteraan bagi warganya,” ujar Irwan pada LICOM, Rabu (09/09/2020).

Irwan juga menyampaikan apresiasi mendalam kepada para kader PKS yang telah berupaya maksimal dalam menjalankan amanah partai untuk running menjadi bakal calon kepala daerah. “Kami sampaikan penghargaan yang tinggi kepada Pak Muhadi yang telah ikhtiar maksimal di Kabupaten Trenggalek, Bu Reni Astuti di Kota Surabaya dan Pak Suci Mardiko di Kota Pasuruan. Capaian yang dihasilkan telah sangat luar biasa,” tegas mantan Anggota DPRD Jatim ini.

Pihaknya mengaku akan all-out untuk turut memenangkan paslon yang diusung dan didukung dalam pilkada. PKS membentuk tim pemenangan hingga tingkat ranting diseluruh daerah yang akan pilkada. “Satu hal yang juga kami tekankan adalah pelaksanaan protokol kesehatan dan pencegahan covid-19. Agar pilkada kali ini memberikan kemaslahatan dan keselamatan. Jangan sampai ada cluster baru gara-gara aktivitas pilkada. Kita sangat menghindari itu,” pungkas Irwan Setiawan.@sarifa