LENSAINDONESIA.COM: Kebakaran melanda parkiran bawah tanah (basement) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya, Senin (14/09/2020) sore.

Api dan asap hitam tampak membumbung di sekitar lokasi. Kondisi ini membuat pihak rumah sakit panik dan terpaksa mengevakuasi sejumlah pasien.

Direktur Penunjang Medik RSUD dr Soetomo, Prof Hendrian Dwikoloso Soebagjo mengaku, pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran itu.

Kata dia, api sempat berkobar selama 30 menit sebelum petugas PMK Kota Surabaya datang.

“Kami tidak tahu penyebabnya. Yang jelas yang terbakar adalah sebuah kabel dan cat milik proyek yang sedang membangun proyek gedung rawat jalan. dipadamkan pada pukul 15.30 WIB,” ungkap Hendrian.

Menurut Hendrian, evakuasi terhdap sejumlah pasien terpaksa dilakukan untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

“Karena ada asap dan api yang dapat membahayakan pasien, kami lakukan evakuasi secepat mungkin terhadap pasien dan karyawan,” imbuhnya.

Tak butuh waktu lama untuk memadamkan api yang sudah berkobar, total 10 unit PMK Kota Surabaya dikerahkan untuk menjinakkan api yang berada di parkiran tersebut.

Sementara itu, Kapolsek Gubeng, Kompol Palma F Fahlevi saat meninjau lokasi kebakaran mengatakan, diduga kebakaran tersebut berasal dari panel listrik yang mengalami korsleting.

“Berdasarkan laporan, ada panel listrik di basement itu terjadi korsleting,” terangnya.

Kendati demikian, ia tetap melakukan penyelidikan lebih dalam terkait penyebab kebakaran agar dapat memastikan.

“Tetap akan mencari keterangan terhadap saksi yang ada, untuk memastikan bahwa ini memang korsleting listrik, selanjutnya kami akan membuatkan laporannya,” pungkasnya.@wendy