LENSAINDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya baru akan melanjutkan tahapan tes kesehatan bakal pasangan calon (bapaslon) wali kota dan wakil wali kota Machfud Arifin-Mujiaman pada 18 dan 19 September 2020 nanti.

Pemeriksaan kesehatan Machfud Arifin dan Mujiaman yang sedianya dilakukan pada 8-9 September lalu, namun akhirnya ditunda karena Machfud dinyatakan positif COVID-19.

Tes itu bisa dilaksanakan bila hasil sweb test pada 17 September Macfud Arifin dinyatakan negatif COVID-19.

“Untuk Surabaya, tahapan tes kesehatan sebenarnya sudah lewat. Karena ada satu calon yang positif COVID-19. KPU Surabaya membuat tahapan baru dan itu diperbolehkan oleh KPU pusat,” kata Anggota KPU Surabaya Soeprayitno, Selasa (15/09/2020).

“Jadwal pemeriksaan bapaslon Pak Machfud dan Pak Mujiaman dijadwalkan tes swab pada 17 September. Ketika nanti hasilnya negatif COVID_-19) maka bisa langsung masuk pada pemeriksaan kesehatan pada 18 dan 19 September,” tambahnya.

Namun jika pada 17 September itu hasil tes swabnya masih belum sesuai dengan harapan bapaslon, maka isolasi mandiri ditambah tiga hari.

“Sehingga pada 21 dan 22 baru dilakukan tes kesehatan,” ujar komisioner yang akrab disapa Nano ini.

Nano menjelaskan, untuk Surabaya, tahapan tes kesehatan sebenarnya sudah lewat, karena ada satu calon yang positif Covid-19. Namun, KPU Surabaya membuat tahapan baru dan itu diperbolehkan oleh KPU pusat.

“Memang diperbolehkan, jika salah satu bapaslon positif virus corona, maka pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani itu ditunda hingga bapaslon tersebut dinyatakan negatif. Intinya seperti itu,” ujarnya.

Meski demikian, Nano enggan berandai-andai jika tes kesehatan belum bisa dilakukan hingga tanggal 21 dan 22 September sebelum penetapan pasangan calon, karena salah satu calon masih positif Covid-19.

“Kita hanya melihat tanggal 17 September itu, apakah yang bersangkutan datang untuk menjalani tahapan tes kesehatan, gitu saja. Saya tidak mau berandai-andai,” ujarnya.

Terkait proses terhadap pasangan calon Eri Cahyadi dan Armuji, Nano menyampaikan, saat ini KPU masih melanjutkan verifikasi syarat calon untuk Eri-Armuji.

“Pada 14 September kemarin, kita menyampaikan hasil verifikasi administrasi syarat calon untuk bapaslon Eri-Armuji,” ujarnya.

Sedangkan jadwal penetapan paslon direncanakan pada 23 September. Kemudian pengundian nomor urut dijadwalkan pada 24 September.@LI-13