LENSAINDONESIA.COM: Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan Rumah Sakit Darurat (RSD) yang berada di Stadion Patriot Candrabhaga mulai hari ini, Rabu (16/92020), siap digunakan untuk pasien isolasi mandiri tanpa gejala (OTG) atau gejala ringan.

“Hepa filternya sudah ada, oksigen sudah ada dan untuk ruang Intalasi Gawat Darurat (IGD) juga sudah siap,” ujar Rahmat di Bekasi, Selasa (15/9).

Walikota Rahmat ini menyampaikan, untuk kapasitas tempat tidur RSD Stadion Patriot Chandrabhaga sebanyak 57 dan sejumlah ruangan besar.

Selain itu, juga terdapat fasilitas penunjang di setiap tempat tidur sehingga kini bisa digunakan untuk merawat pasien.

Untuk itu, Rahmat menyarankan agar pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah yang kondisinya kurang kondunsif bisa pindah dan memanfaatkan tempat isolasi di RSD Stadion Patriot. Upaya ini penting dilakukan karena potensi menularkan kepada keluarganya cukup tinggi, juga berpotensi menularkan kepada penduduk di lingkungan.

“Sebab kita belajar dari pengalaman ada satu keluarga, rumahnya kecil tapi penderita Covid-19 nya ada beberapa,” terangnya.

Rahmat pun menyampaikan, pihaknya akan berupaya menambah kapasitas tempat tidur di RSD Stadion Patriot hingga 100 tempat tidur sebagai antisipasi melonjaknya pasien Covid-19.

“Mudah mudahan tidak terjadi perburukan,” jelasnya.

Rahmat membandingkan kenaikan kasus di DKI mirip seperti di DKI Jakarta. Jumlah kasus secara kumulatif di wilayahnya mencapai 2.000 lebih.

Pemkot Bekasi kini telah membatasi aktivitas warganya maksimal pukul 23.00 WIB. Kebijakan ini mengimbangi DKI Jakarta yang memberlakukan PSBB ketat.@licom