LENSAINDONESIA.COM: Pasangan bakal calon wali kota dan calon wakil wali kota Surabaya Machfud Arifin-Mujiaman dikabarkan sedang menjalani rangkaian tahapan tes kesehatan di RSUD dr Soetomo pada hari ini 18 September hingga besok 19 september 2020.

Sedianya, paslon ini dijadwalkan menjalani tes psikologi (rangkaian tes kesehatan) sebagai syarat pendaftaran yang digelar KPU Surabaya pada Selasa 8 September lalu. Namun tes tersebut ditunda karena Macfud Arifin dinyatakan positif COVID-19.

Terkait apakah hasil swab test Machfud Arifin pada 17 September kemarin sudah dinyatakan negatif COVID-19 atau tidak? Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi tidak memberikan jawaban.

Ia hanya menyebut, bahwa teknis tes kesehatan Machfud-Mujiaman dilaksanakan oleh dokter RSUD dr Soetomo Surabaya.

“Saya tidak mengetahui secara teknis tes yang dijalani oleh Bapaslon tersebut. Karena yang mengetahui teknis pemeriksaan adalah Rumah Sakit dalam hal ini RSUD Dr. Soetomo,” kata Nur Syamsi saat ditemui di kantornya, Jumat (18/09/2020).

Dengan dilakukannya tes kesehatan Machfud Arifin-Mujiaman ini, tahapan Pilwali Surabaya akan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dimana Bapaslon akan ditetapkan sebagai Calon pada pada Rabu 23 September yang akan dilanjutkan dengan pengundian nomer urut keesokan harinya yaitu 24 September 2020.@budi