LENSAINDONESIA.COM: Taruna Merah Putih (TMP) Surabaya menggelar deklarasi dukungan kepada pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota Eri Cahyadi-Armuji untuk memenangkan Pilkada Surabaya 2020.

Pembacaan deklarasi dilakukan tepat di bawah menara perobekan bendera Belanda di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (19/O9/2020).

Hotel Majapahit dipilih sebagai tempat deklarasi Eri Cahyadi-Armuji, sebab lokasi ini merupakan simbol semangat perjuangan. Tatkala pada September 1945, Arek-arek Suroboyo berjuang melepaskan Indonesia dari belenggu penjajahan. Di Hotel Yamato (kini Hotel Majapahit) ini Arek-arek Suroboyo merobak warna biru bendera Belanda hingga tersisa Merah dan Putih.

TMP sendiri adalah organisasi di bawah naungan PDI Perjuangan untuk kaum muda.

“Kami Taruna Merah Putih Surabaya, pada hari ini, Sabtu 19 September 2020, menyatakan siap mendukung pasangan Eri Cahyadi-Armuji untuk menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya,” ujar Ketua TMP Surabaya, Aryo Seno Bagaskoro.

”Kami yakin Mas Eri dan Cak Armuji dapat meneruskan kebaikan yang telah dilakukan oleh Wali Kota Tri Rismaharini melalui segenap program yang berpihak pada kepentingan rakyat dalam bingkai gotong royong,” imbuh Seno.

Seno mengatakan, TMP terus menggalang kekuatan anak muda Surabaya untuk memenangkan Eri dan Armuji. Berbagai kegiatan telah disiapkan, termasuk turun ke masyarakat secara langsung.

”TMP Surabaya berkomitmen untuk terus berjuang mendukung figur kepemimpinan yang mampu berbaris bersama anak muda, membawa bendera ide dan karya anak-anak muda, serta berorientasi pada pembangunan kota yang humanis dan berkelanjutan,” papar Seno.

Adapun dipilihnya lokasi Hotel Majapahit sebagai tempat deklarasi, jelas dia, lantaran ingin merasakan semangat perjuangan arek-arek Suroboyo saat melawan penjajah. Semangat itu yang akan ditransformasikan sebagai kekuatan untuk mendukung pasangan Eri-Armuji.

“Taruna Merah Putih ingin mengenang jasa para Pahlawan merefkleksikan sikap heroik pemuda pada saat itu yang bersatu untuk mempertahankan kemerdekaan dengan berjalan dari Gedung Siola menyusuri trotoar sepanjang Jalan Tunjungan untuk mengibarkan bendera Merah Putih,” ujar Setiawan, salah satu anggota TMP.

Dijatuhkannya dukungan kepada pasangan Eri-Armuji lantaran keduanya dianggap memiliki keahlian di bidangnya masing-masing dan sudah teruji.

”Mas Eri adalah birokrat berpengalaman, punya rekam jejak dan kinerja yang jelas selama mengabdi untuk masyarakat melalui Pemkot Surabaya. Adapun Cak Armuji adalah sosok yang sudah puluhan tahun selalu bergerak membantu warga melalui jalur legislatif. Keduanya paduan yang lengkap,” papar Seno.@LI-13