LENSAINDONESIA.COM: Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, mengatakan dibutuhkan tempat bagi tenaga medis dan dokter untuk beristirahat di tengah berjuang melawan pengendalian virus corona (Covid-19). Pemerintah akan mempersiapkan banyak hotel sebagai tempat peristirahatan.

Hal ini senada dengan Presiden Joko Widodo yang telah memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama untuk mentediakan tempat yang layak untuk istirahat bagi tenaga medis dan dokter.

“Kalau hotelnya kurang, Bapak Presiden telah menugaskan Menko Pereknonomian dan juga Menteri Parekraf untuk menyiapkan lebih banyak lagi hotel, baik kepada mereka yang OTG (orang tanpa gejala) maupun kepada dokter dan tenaga kesehatan lainnya,” ujar Doni dalam sebuah Webinar, Sabtu (19/9/2020).

Doni mengatakan, dokter dan tenaga medis sebagai garda depan harus dijaga kesehatannya. Faktor kelelahan yang dialami para dokter dan tenaga kesehatan merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan kematian.

“Saya mendapatkan masukan dari sejumlah teman-teman dokter, salah satu faktor yang membuat angka kematian tinggi adalah karena kelelahan. Saya katakan, kenapa tidak disiapkan tempat-tempat istirahat bagi para tenaga medis,” ungkap Doni.

Ketua Satgas Covid-19 ini pun mengapresiasi langkah Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung yang telah menyiapkan tempat istriahat bagi para dokter yang bertugas.

Dia berharap, untuk pemerintah provinsi yang mencatat perkembangan kasus Covid-19 tinggi, juga dapat menyiapkan tempat istirahat bagi para dokter dan tenaga kesehatan.

“Mohon nanti bisa bekerja sama dengan BPBD provinsi di daerah masing-masing untuk menyiapkan hotel-hotel ini,” pungkas Doni.@licom