LENSAINDONESIA.COM: Sekelompok masyarakat mewakili 32 organisasi melancarkan aksi unjuk rasa di halaman Kementrian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Mereka membawa sapu sebagai simbolis dukungan terhadap Komisaris Utama (Komut) Pertamina Basuki Thahaja Purnama (BTP) alias Ahok, Menteri BUMN Erick Thohir, Presiden Jokowi dan KPK untuk memberantas korupsi di lingkungan BUMN dan Pemerintahan.

Unjuk rasa dukungan itu hanya dilakukan 5 orang perwakilan dari berbagai komunitas dan organisasi. Rupanya, mereka hanya menurunkan perwakilan dalam jumlah kecil lantaran mematuhi PSBB yang berlaku di DKI.

Selama beraksi, para pengunjuk rasa ini juga melaksanakan Protokol Kesehatan. Mereka memakai masker dan menjaga jarak.

Organisasi-organisasi pendukung aksi ini mengikuti prosesi unjuk rasa melalui live streaming dari Posko masing masing.

Dikutip dari Media Cyber Group, kelima orang utusan yang beraksi itu dikomando Axel Malelak dari R-BTP.

Koordinator Aksi Dukungan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Habisi Orang Korupsi di Indonesia (AHOK Indonesia), Efendi Achmad dari BARABAJA menyatakan, bahwa sebagai putra terbaik bangsa, BTP, Erick Thohir dan Presiden Jokowi adalah orang orang baik yang punya hati untuk rakyat dalam membangun bangsa ini.

“Kita masyarakat harus mendukung dan mendoakan agar mereka bisa menjalankan tugasnya dengan baik demi kemajuan bangsa kita,” terangnya.

“Akhir akhir ini memang ada sekelompok orang yang mencoba membenturkan Pak BTP dan Pak Erick Thohir juga Pak Jokowi dengan maksud dan tujuan yang tidak baik, dan hanya membuat gaduh,” imbuhnya.

Menurut dia, dukungan moral ini dilakukan agar mereka dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tidak terpengaruh jebakan adu domba dari orang orang yang tidak bertanggungjawab.

“Selain dukungan memberantas korupsi, kita juga meminta agar Pak BTP, Pak Erick Thohir, dan Pak Jokowi memberantas kaum radikal yang bercokol di Pertamina, BUMN, dan seluruh lini pemerintahan, ” demikian ditambahkan Sylvester Matutina dari Ketua Umum Solidaritas Merah Putih.

“Sebenarnya, kita semua Relawan Jokowi dan Relawan Ahok tidak pernah melakukan aksi turun ke jalan. Melainkan, lebih melakukan bakti sosial membantu pemerintah dan masyarakat mencegah penyebaran Covid 19 dan membantu warga yang terdampak Covid 19 dengan memberikan bantuan Sembako, membagikan masker dan melakukan rapid test gratis, juga penyemprotan disinfektan,” kata Axel Malelak dari Komunitas R-RBTP.

“Tapi, karena ada pihak pihak yang mau membenturkan Pak BTP, Pak Erick Thohir, dan Pak Jokowi, maka kita semua sebagi relawan harus bersikap dan mendukung,” pungkas Axel.

Berikut ini 32 organisasi pendukung BTP, Menteri Erick Thohir, dan Presiden Jokowi, serta KPK dalam upaya membersihkan BUMN dari praktik-praktik korupsi uang negara:

1. Solidaritas Merah Putih ( SOLMET)
2. BARABAJA
3. R BTP
4. LA NKRI
5. GARINDO
6. KABARINDO 24 JAM
8. GARPENAS
9. JOMEN
10. SRIKANDI NUSANTARA
11.BENTENG PUTRA PUTRI REPUBLIK INDONESIA
12. REMIJO
13. FKPPNI
14. JOKA
15. BENTENG NKRI PATRIOT NUSANTARA
16. LSM BERKOORDINASI
17. GNC
18. GARDA PEMBELA NKRI
19. RELAWAN ASYIK JAKARTA
20. CEMARA
21. MUTIARA BANGSA
22. SRIKANDI MB
23. ARJUNA MB
24. ALIANSI KELAPA GADING ( AKG)
25. AKU INDONESIA RAYA ( AIR)
26. ELANG SAKTI REPUBLIK INDONESIA
27. GARASPATI
28. AKSI BAJA NKRI
29. BENTARA
30. PELITA HATI RAKYAT
31. ENERGI #01
32.BRADER (BARISAN RELAWAN DEMOKRASI)
@jrk_LI