LENSAINDONESIA.COM: DPC Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) Malang Raya merayakan hari ulang tahun ke-3.

Perayaan yang didukung DPD HIPAKAD Jawa Timur tersebut digelar selama tiga hari di Kebun Teh, Wonosari, Kabupaten Malang

Ketua DPC Malang Raya, Afan Ari Kartika menyampaikan, dalam perayaan itu digelar beragam kegiatan, mulai dari pendidikan dan pelatihan (diklat) hingga bakti sosial (baksos).

Kata dia, baksos itu membantu pengobatan Ahmad Mukti Setiaji Hidayatulloh (6), putra dari Totok, warga Lowokwaru Kota Malang tersebut harus dirawat secara intensif di rumah sakit karena terserang penyakit tumor.

“Untuk itu DPC HIPAKAD Malang menggalang dana. Hasil penggalangan itu untuk biaya operasi Mukti di RST Soepraoen Malang,” ungkapnya,
Minggu (20/9/2020).

Demi menunjang biaya dan kelancaran operasi Mukti itu, DPC HIPAKAD Malang Raya bekerja sama dengan dr Trio. Termasuk melengkapi persyaratan sebelum operasi.

“DPC Malang Raya telah men-support dan mengakseskan Mukti untuk memperoleh  kartu Indonesia sehat (KIS). Semoga semuanya berjalan lancar,” harap Afan.

Selain itu, kata dia  HIPAKAD juga memberi bantuan pada para siswa berupa  10 unit handphone (HP). Siswa yang dapat bantuan tersebut mulai dari SD hingga SMA/SMK di lima wilayah Koramil  yang ada di Kota Malang.

Menurut Afan, pembagian 10 unit HP tersebut sebagai bagian dari peduli anak negeri di tengah wabah pandemi COVID-19. “Itu demi menunjang pembelajaran daring (online) dalam mengikuti pelajaran sekolah,” jelasnya.

HIPAKAD, kata Afan, juga melakukan  penyemprotan desinfektan dan pembagian masker serta ribuan paket  Sembako pada warga  di Jatim. Menurut dia, semua itu sebagai bentuk kepedulian sosial.

Sedangkan yang berkaitan dengan upaya meningkatkan kualitas dan profesionalitas anggota Satgas, DPC HIPAKAD akanmenggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi 30 anggota Satgas. “Itu bekerja sama dengan Yon Bek – Ang Kostrad Malang,” ujarnya.

Disamping itu, kata dia, HIPAKAD Shooting Club (HSC) memberikan kesempatan olahraga menembak. “Pengurusan kartu tanda anggota (KTA), bisa kita bantu. Pengawasan dan regulasinya menjadi wewenang DPC, ketika sudah diresmikan Perbakin Jawa Timur,” katanya.

Karena itu Afan menyampaikan pesan moral bila HIPAKAD melarang keras berpolitik praktis, atas nama kelembagaan maupun atributnya. “Akan tetapi, jika itu berangkat secara pribadi, maka menjadi haknya. HIPAKAD tetap netral dan independen dari parpol manapun,” pungkasnya.@aji