LENSAINDONESIA.COM: Menjelang penyelengaraan Piala Dunia U-20 tahun depan, Pemerintah Kota Surabaya saat ini terus mengembangkan pembangunan Stasion Gelora Bung Tomo (GBT).

Bukan hanya menyiapkan lapangan tempat penyelengaraan Piala Dunia U-21, Pemkot Surabaya juga tengah menyiapkan empat lapangan latihan. Dimana dua lapangan diantaranya dalam proses pembangunan.

Sebenarnya Pemkot Surabaya sebelum ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah ajang tertinggi sepak bola usia muda itu telah menyiapkan 5 lapangan latihan. Yang tiga diantaranya adalah lapangan baru yang akan dibangun di area SGBT.

Namun satu lapangan latihan batal dipakai dalam ajang Piala Dunia U-20 tersebut karena satu lapangan latihan yang akan dipakai adalah Stadion Gelora Bangkalan. Meskipun demikian Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan tetap membangun 3 lapangan latihan di area SGBT.

“Tidak apa-apa kita akan tetap bangun tiga lapangan latihan di samping GBT itu, karena siapa tahu nanti bisa disewakan,” ujarnya saat ditemui di balai kota Surabaya, Senin (21/09/2020).

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Surabaya Iman Kristian mengungkapkan bahwa anggaran pembangunan tiga lapangan itu diambil dari dua dinas sekaligus, yaitu Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) dan DPRKP-CKTR.

Anggaran yang dikeluarkan oleh Dispora akan meng-cover pembangunan lapangan, pembangunan drainase, penyiraman dan penanaman rumput. Sedangkan anggaran yang dikeluarkan oleh DPRKP-CKTR akan meng-cover pembangunan tribun penonton, ruang ganti, kamar mandi, pemasangan tiang lampu dan lampu lapangan yang nantinya 1.500 lux.

“Nah, anggaran yang dikeluarkan oleh Dispora sekitar Rp 25 miliar dan DPRKP-CKTR juga sekitar Rp 25 miliar,” tegasnya.

Agar dapat selesai sesuai dengan target yang telah ditentukan, pembangunan ketiga lapangan latihan tersebut akan terus dikebut. Ditargetkan ketiga lapangan selesai pada desember mendatang. “Karena pekerjaannya ini paralel, maka kami yakin Desember sudah bisa selesai,” terangnya.@budi