LENSAINDONESIA.COM: Seru! Warganet dihebohkan oleh sebuah unggahan video dari akun Bahsurip Surip.

Video tersebut menampilkan gambar tangkapan layar artikel berjudul “Rizieq Shihab Bersumpah Najis Pulang Ke Indonesia, Kecuali Dijemput Jokowi dan Megawati”.

Unggahan tersebut juga disisipi narasi yang berisi ketidak pedulian dirinya terkait kepulangan Imam Besar FPI itu ke Indonesia.

Berikut ini narasinya :

bilang najis,,,,,,saya satu RT mengucapkan bodo amat

Dari hasil penelusuran, klaim bahwa ada artikel berjudul “Rizieq Shihab Bersumpah Najis Pulang Ke Indonesia, Kecuali Dijemput Jokowi & Megawati” adalah klaim yang salah.

Habib Rizieq tak takut pulang ke Indonesia

Dari narasi di atas, dalam mesin pencarian tak ditemukan artikel  berjudul seperti narasi tersebut. Justru, baru-baru ini Habib Rizieq secara tersirat menginginkan pulang ke Indonesia. Namun Rizieq mengklaim dirinya tidak bisa pulang lantaran dicekal Pemerintah Arab Saudi atas permintaan Pemerintah Indonesia.

Bahkan, ada klaim serupa pernah diperiksa faktanya di artikel berjudul “Habib Rizieq Shihab bersumpah tidak akan masuk ke Indonesia seumur hidup” yang dimuat di situs turnbackhoax.id pada 2 September 2020.

Sementara itu, di Suara.com, Rizieq menegaskan dirinya tidak takut pulang ke Indonesia. Namun klaim Rizieq, ketakutan ada di pihak rezim.

“Jadi bukan saya yang takut pulang, tapi rezim Jokowi yang takut saya pulang. Kira-kira jelas enggak? Takbir!!!” tulis Suara.com dalam laporannya, Selasa 1 September 2020.

Di sisi lain, pihak Istana mengklaim tidak pernah menghalangi kepulangan Rizieq ke Indonesia. Bahkan, Rizieq diminta berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi, jika ingin pulang.
Untuk foto yang diklaim tersebut, salah satunya pernah dimuat di artikel berjudul “Datangi Kantor-kantor Kementerian, PA 212 Mohon Bantuan Kepulangan Habib Rizieq” tayang di situs makassar.terkini.id pada 4 Desember 2019.

Jadi, narasi Habib Rizieq pulang ke Indonesia tersebut merupakan komten atau klaim yang salah.@mp,Eld-Licoma