LENSAINDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya gelar Seminar Tahapan Kampanye Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020.

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Perencanaan, Program dan Data Naafilah Astri Swarist mengatakan, topik yang dibahas dalam seminar ini adalah aturan main dari tahapan kampanye Pilwali.

“Seminar ini akan banyak diulas mengenai regulasi dan aturan-aturan yang berkaitan dengan kampanye pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020,” katanya saat membuka acara seminar di Harris Hotel HR. Muhammad Surabaya, Selasa Siang (22/09/2020).

Naafilah menyampaikan, tahapan kampanye menjadi hal yang penting dalam mengenalkan pasangan calon beserta visi misinya. Oleh karena itu, acara seminar ini diadakan agar Tim Pemenangan dari masing-masing pasangan calon yang berkontestasi dalam Pilwali kali ini, tahu aturan yang diperboleh dalam kampanye dan apa yang tidak diperbolehkan. Agar Pilwali Surabaya 2020 tidak menjadi klaster baru penyebaran COVID-19.

“Kampanye merupakan hal penting bagi para calon untuk memperkenalkan diri dan memaparkan visi misinya oleh karena itu seminar kali ini perlu diperhatikan agar tak terjadi hal yang tak diinginkan saat kampanye,” terangnya.

Dalam kesempatan ini pula dirinya menegaskan bahwa Penetapan Calon dalam Pilwali Surabaya 2020 akan dilakukan sesuai rencana yaitu besok Rabu 23 September 2020.

Sedangkan pengundian nomer urut akan dilakukan sehari berselang. Sedangkan tahapan kampanye akan dimulai tanggal 26 September hingga 71 hari kedepan atau tepatnya tanggal 5 Desember, empat hari sebelum penyelenggaraan Pilwali.

“Paslon akan ditetapkan besok yang akan dilanjutkan dengan pengundian nomer urut 24 September,” ungkapnya.

Seminar ini menghadirkan pembicara Gogot Cahyo Baskoro Selaku Anggota KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan partisipasi Masyarakat dan Aang Kunaifi Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Timur.

Seminar ini dihadiri Bawaslu Kota Surabaya, perwakilan Partai Politik, Korem 084 Bhaskara Jaya, Polrestabes Surabaya, Polresta Tanjung Perak, Pemantau Pemilu, Organisasi Wartawan, dan Jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD)Kota Surabaya.@budi