LENSAINDONESIA.COM: Usaha mikro menengah (UMKM) di Kabupaten Jombang bergeliat di tengah pandemi COVID-19. Kali ini, produk UMKM yang mulai masuk ke pasar modern (minimarket) adalah tape ketan hijau asal Desa Kedawong Kecamatan Diwek.

Tape ketan hijau di Kedawong mampu berkembang dan semakin banyak warga di desa ini yang turut memproduksi makanan berbahan beras ketan ini. Tak butuh waktu lama, Kedawong pun menjadi sentra industri.

Selasa (22/09/2020), Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab pun me-launching Desa Kedawong sebagai sentra industri tape ketan hijau.

Mundjidah mengatakan, Pemkab Jombang mendorong UMKM dan pelaku usaha kecil lainnya untuk bangkit di masa pendemi ini. Oleh karena itu, masing-masing desa harus memiliki inovasi-inovasi sebagai desa mandiri.

“Ke depan tidak hanya tape ketan hijau saja tapi juga produk-produk UMKM lainnya yang masuk minimarket,” kata bupati perempuan pertama di Kabupaten Jombang ini.

Bupati juga menyebut, para pelaku UMKM dapat mengakses program dana bergulir dari Pemprov Jatim sebesar Rp 450 miliar. Dengan demikian tidak bergantung kepada rentenir dalam akses permodalan.

“Tadi dari sambutan Komisi B DPRD Jatim, bisa diakses permodalan bagi UMKM, biar nanti tidak mengandalkan rentenir yang bunganya memberatkan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kedawong Anton Kaharuddin mengungkapkan, sebenarnya industri tape ketan hijau di desanya sudah ada sejak dulu. Bukan hanya di Desa Kedawong saja, melainkan di tempat lain juga ada. Hanya saja, di desa ini ada banyak usaha rumahan tape ketan hijau ini.

“Alhamdulilah, sejak Senin kemarin tape ketan hijau sudah masuk ke Indomaret. Mudah-mudahan, UMKM di desa ini bisa bangkit di tengah pandemi,” kata Anton.

Dengan masuk ke pasar moderen ini, diharapkan dapat meningkatkan omzet para pelaku UMKM di Desa Kedawong ini. Kata Anton, para pelaku UMKM sentra tape ketan hijau juga berkomitmen menjaga kualitas produk.

“Karena masuk ke pasar modern ini, kami minta para pelaku industri tape ketan hijau juga berkomitmen menjaga kwalitas produk. Sehingga bisa bersaing dengan produk-produk lainnya,” ujarnya.@obi