LENSAINDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengungkap ada sebanyak 486 pasangan calon (Paslon) yang ditetapkan memenuhi syarat sebagai peserta pilkada, dari 741 paslon yang pendaftarannya diterima lembaga penyelenggara pemilu.

Perkembangan data sementara rekapitulasi penetapan pendaftaran pasangan calon di Pilkada serentak Tahun 2020 ini disampaikan oleh Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting Manik dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/9/2020).

“Kami sampaikan bahwa data ini masih akan berubah sampai input Silon (Sistem Informasi Pencalonan) oleh daerah selesai,” ujar Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting Manik dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/9).

Sementara, untuk PIlkada Gubernur dan Wakil G. terdapat 13 Paslon yang memenuhi syarat di lima provinsi. Dari semua yang mendaftar, belum ada Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Evi menyampaikan, ada sebanyak 473 Paslon Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang memenuhi syarat di 182 kabupaten/kota. Dari data tersebut, terdapat satu Paslon dinyatakan tidak memenuhi syarat yakni pasangan Herwin Yatim dan Mustar Labolo di Kabupaten Banggai.

Lembaga penyelenggara pemilu ini menerima pendaftaran pencalonan pemilihan gubernur sebanyak 25 bakal Paslon, pemilihan bupati terdapat 615 bakal paslon, serta pemilihan wali kota ada 101 bakal paslon yang diterima. Ada dua bakal paslon yang ditolak KPU.

Jumlah dari 741 bakal Paslon, ada sebanyak bakal paslon dari jalur perseorangan mencapai 69 paslon. Sisanya 672 paslon maju Pilkada melalui dukungan partai politik.

Diketahui, Pilkada 2020 digelar di 270 daerah yang terdiri dari sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Penetapan paslon yang memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat dilakukan KPU pada 23 September melalui rapat pleno tertutup.@licom