LENSAINDONESIA.COM: XL Axiata kerja bareng Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) dalam program “Madrasah Digital Belajar Jarak Jauh” kali ini luncurkan bantuan 1,8 juta paket internet gratis berkuota 30 Gb.

Bantuan paket internet ini untuk para pelajar madrasah dan tenaga pendidik agar dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi.

Group Head XL Axiata Region East, Bambang Parikesit serahkan bantuan tersebut secara simbolis kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Ahmad Zayadi, M.Pd, Kamis (24/09/2020).

Bambang Parikesit mengatakan, usai pekan lalu program kerjasama ini diresmikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta, mulai awal pekan ini juga pihaknya langsung menyalurkannya ke sejumlah daerah di Jawa Timur.

“Untuk wilayah Jawa Timur, kami alokasikan total sebanyak 1,8 juta paket internet gratis. Semoga beban sebagian pelajar dan orang tuanya menjadi lebih ringan begitu juga dengan para guru dan tenaga pendidikan. Para penerima bantuan paket ini sudah bisa langsung memanfaatkannya untuk mengikuti PJJ,” tutur Bambang.

Diawali dari Jawa Timur, lanjutnya, penyaluran akan terus berlangsung di daerah lain seperti Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

“Kami berharap penyaluran bisa tuntas dalam jangka waktu sekitar sebulan ke depan sebab urgensi bantuan ini untuk para pelajar dan pendidik madrasah guna melaksanakan PJJ,” tandas Bambang.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Ahmad Zayadi, M.Pd menyampaikan, di Provinsi Jawa Timur total ada sekitar 12.923 sekolah madrasah dari tingkat MI, MTs, dan Aliyah, baik negeri dan swasta. Untuk jumlah siswa, total ada sekitar 1.873.539 pelajar.

“Mayoritas sekolah madrasah berada di area pinggiran kota dan pedesaan, di mana banyak di antara keluarga siswa memang membutuhkan dukungan untuk mampu menyediakan kuota data untuk PJJ,” ungkapnya.

Paket internet gratis yang disalurkan XL Axiata berupa kartu perdana ini terdiri dari 15 GB data untuk Kuota Conference dan 15 GB lainnya untuk Kuota Edukasi yang berlaku selama 2 bulan.

Kuota Conference bisa dipergunakan untuk mengakses aplikasi yang biasa digunakan para guru saat mengirimkan bahan pelajaran dan tugas.

Begitu pula siswa saat mengirimkan tugas yang diberikan. Aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom.@Rel-Licom