LENSAINDONESIA.COM: Pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota Surabaya Eri Cahyadi–Armuji melakukan kampanye Pilwali Surabaya dengan cara-cara kreatif, bukan lagi menggunakan cara kampanye konvensional.

Pasangan calon nomor urut 1 ini, menggandeng para pemusik jalanan untuk menciptakan lagu dan membuat odong-odong kampanye.

Lagu kampanye Eri Cahyadi–Armuji yang diputar di acara Deklarasi Kampanye Damai di Hotel Singgasana Surabaya beberapa hari lalu dan odong-odong kampanye tersebut ternyata adalah hasil karya Armuji bersama para pemusik jalanan.

Ir. Armuji mengatakan, pembuatan lagu kampanye dengan menggandeng pegiat seni musik jalanan itu adalah cara pasangan Eri-Armuji untuk menunjukan bahwa mereka sangat peduli terhadap kesenian di Kota Surabaya.

“Saya itu juga bermain musik. Pemain musik yang kami rekrut itu bukan orang gedongan, itu anak-anak jalanan. Mereka itulah yang kita bina. Ternyata mereka mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa, mereka bisa menciptakan lagu,” kata Armuji.

Menurutnya, dengan menggandeng para pegiat seni jalanan itu, ia mengatakan bahwa tim Eri-Armuji akan melakukan kampanye Pilwali Surabaya dengan cara-cara kreatif, bukan lagi menggunakan cara-cara konvensional. Hal ini dilakukan untuk memberi ruang para pegiat seni untuk turut andil dalam kemeriahan politik.

“Saya bersama orang-orang yang sangat kreatif ya. Ya hasil itu menunjukan bahwa anak-anak yang kita bina dan kita ajak itu memiliki kreativitas,” katanya.

Seperti diketahui, Eri Cahyadi-Armuji merupakan pasangan calon nomor urut 1 yang diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI. Selain itu, mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, Partai Perindo, PKPI, dan Partai Garuda.

Sebagai informasi, Eri Cahyadi merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki jenjang karir yang mirip dengan Risma.

Eri Cahyadi memulai karir di Dinas Bangunan pada 2001. Ia kemudian pernah menjabat Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang.

Pada 2018 hingga 2020, Eri Cahyadi mengemban tugas sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Di sisi lain, ia juga diamanahi menjabat sebagai pelaksana tugas Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH).

Sedangkan Armuji, merupakan kader terbaik PDIP Surabaya yang menjadi anggota DPRD Kota Surabaya.

Ia memulai karirnya di dewan sejak tahun 1999 pasca reformasi di Indonesia. Di tahun itu pula Armuji menjadi Ketua DPRD hingga 2004.

Dari 2004 hingga 2014, ia kembali menjadi Anggota DPRD Kota Surabaya. Ia terpilih lagi pada pileg tahun 2014-2019.

Tahun 2014-2019, ia kembali menjadi Ketua DPRD Kota Surabaya. Hingga akhirnya ia berpindah tugas ke DPRD Jawa Timur ketika terpilih pada Pileg 2019-2024.@LI-13