LENSAINDONESIA.COM: Menggembirakan dan penuh rasa syukur. Suasana ini, amat dirasakan keluarga besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cirebon. Dr Edial Sanif, Ketua IDI Cirebon, setelah menjalani perawatan 4 minggu di rumah sakit di Jakarta, akhirnya kini dinyatakan sembuh dari virus maut, Covid-19.

“Saya sekarang masih di Jakarta. Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang selalu memberikan dukungan dan doa, hingga akhirnya saya dinyatakan sembuh dari Covid-19,” kata Ketua IDI Cirebon, dikutip lensaindonesia.com, Rabu (6/10/2020).

Dokter yang mempunyai spesialis jantung ini pasca menjalani tes Swab PCR sekitar awal September 2020, dirinya dinyatakan positif terpapar virus Corona. Tentu saja, kabar ini, tidak hanya mengejutkan keluarga, tenaga medis maupun organisasi IDI di Cirebon.

Keluarga Besar Ikatan Dokter Indonesia ketika itu bisa jadi juga harap-harap cemas. Mafhum, sampai 15 September 2020, jumlah dokter yang meninggal di seluruh Indonesia akibat Covid-19 mencapai 115 dokter.

Ketua IDI Cirebon ini, agaknya, tidak menyerah begitu saja setelah tahu dirinya positip Covid-19. Ia pun berupaya keras untuk mendapatkan perawatan yang prima. Ia memutuskan dirawat di rumah sakit rujukan di Jakarta, di RS Pertamina. Dokter Edial Sanif sempat seminggu menjalani isolasi di rumah sakit ini.

Lantaran seminggu di RS Pertamina, kondisi kesehatan Ketua IDI Cirebon ini belum juga membaik, akhirnya keluarganya mengambil inisiatip memindahkan dr Edial Sanif ke RS UI Jakarta.

“Setelah hasil Swab dinyatakan positif Covid-19, saya langsung melakukan perawatan di RS Pertamina dan RS UI di Jakarta,” tandas dr Edial.

Selama isolasi mandiri di rumah sakit Jakarta ini, rupanya dr Edial pantang menyerah. Ia mengaku tidak hanya disiplin menerapkan protokol kesehatan. Namun, dirinya juga rutin melakukan olahraga ringan dan minum vitamin.

Setelah berminggu-minggu melakukan isolasi mandiri dan berjuang untuk kesembuhannya itu, hasilnya tidak sia-sia.
Setelah melakukan tes Swab beberapa kali, belakangan hasil tes Swab-nya dinyatakan negatif Covid-19.

“Rutin olahraga, minum vitamin dan menerapkan protokol kesehatan, dan Alhdulillah setelah melakukan tes Swab ulang hasilnya negatif dan dinyatakan sembuh,” kata dr Edial, bersyukur.

Sembari menunggu waktu yang tepat untuk kembali ke Cirenon, Ketua IDI Cirebon ini juga mengucapkan terima kasih kepada warga Cirebon yang sudah memberikan dukungan dan doa selama menjalani isolasi mandiri selama proses penyembuhan di Jakarta.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada yang selalu memberikan dukungan dan doa,” pungkasnya. @jrk_LI