LENSAINDONESIA.COM: Besok, Pemerintah DKI Jakarta akan kembali melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke tahap transisi selama dua pekan dimulai 12-25 Oktober.

Di masa tersebut, ada sejumlah poin yang harus ditaati pengelola usaha di wilayah DKI setelah diperbolehkan kembali untuk beroperasi, yakni dengan menerepkan protokol kesehatan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan ada tiga poin yang dibebankan pada pengelola tempat usaha.

Pion pertama, yaitu poin faktor kebersihan.
Faktor kebersihan menjadi perhatian dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Seperti wajib menggunakan masker, rutin mensteril fasilitas, menghindari kontak fisik saat bertransaksi, wajib menutup tempat usaha selama tiga hari jika ditemukan kasus positif Covid-19.

Poin kedua, pelaku usaha harus memperhatikan jaga jarak.
Poin kedua ini yakni menjaga jarak secara fisik di area tempat bekerja untuk menghindari kontak fisik. Bahkan, dianjurkan tetap menerapkan bekerja dari rumah. Setiap bisnis wajib menyiapkan rencana aman pencegahan Covid-19.

Poin ketiga, yaitu pelacakan kasus.
Setiap pelaku atau penanggung jawab usaha wajib melakukan pencatatan data seluruh pengunjung dan pegawai dengan buku tamu yang berbasis teknologi.

Anies menjelaskan, dalam mengoperasikan usaha, maksimal kapasitas pegawai yang bekerja di kantor sebesar 50 persen. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 101 Tahun 2020 dan Surat Keputusan Kepala Dinas terkait.

Keputusan PSBB transisi didasarkan pada beberapa indikator, yaitu laporan kasus harian, kasus kematian harian, tren kasus aktif, dan tingkat keterisian RS Rujukan Covid-19.

Setelah ada indikasi kasus yang stabil pengetatan dianggap patut untuk dilonggarkan dengan cara mengurangi rem darurat secara perlahan dan bertahap.

“Kami perlu tegaskan bahwa kedisiplinan harus tetap tinggi sehingga mata rantai penularan tetap terkendali,” pinta Anies.

“Dan, kita tidak harus melakukan emergency brake kembali,” pungkasnya.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker

#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan

#cucitangandengansabun