LENASAINDONESIA.COM: Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus mengalokasikan bantuan di masa pandemi COVID-19 ke seluruh kabupaten/kota.

Kali ini, Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak turun langsung ke Kabupaten Megatan untuk menyerahkan bantuan dari Pemprov Jatim ini.

Bantuan yang diserahkan ini diantaranya BLT-DD kepada 5 orang, Bantuan Keuangan Khusus BUMDES untuk 2 desa masing-masing Rp 50 juta dan Bantuan Sosial Beras bagi KPM PKH dari Bulog kepada 5 orang.

Selain itu, bantuan berupa kredit usaha dari Bank UMKM, Bank Jatim, Bank BRI dan Bank BNI 46 kepada 24 pengusaha UMKM. Lalu bantuan subsidi upah dari BPJS disertai dengan bantuan program manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk sejumlah ahli waris.

Tak hanya itu, dibagikan pula sertifikat program Strategis Nasional sejumlah 5.000 bidang kepada Instansi Pemerintah, Lembaga Keagamaan serta warga Magetan secara simbolis juga diserahkan.

Wagub Emil Elestianto Dardak mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk sinergitas seluruh elemen di Jawa Timur. Dirinya ingin memastikan kepada masyarakat secara langsung, bahwa berbagai macam bantuan tersebut sifatnya bukanlah tumpang tindih, melainkan saling melengkapi satu sama lain.

“Kita ingin mengunjungi dan menyampaikan langsung berbagai macam program dari pemerintah dari berbagai lini, sebagai wujud jadi sinergitas. Harapannya masyarakat memahami bahwa bantuan ini sifatnya tidak tumpang tindih namun saling melengkapi,” tutur Wagub Emil Dardak di Pendopo Kabupaten Magetan, Jumat (09/10/2020).

Melalui pemberian bantuan ini, diharapkan bisa membantu dan meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga bisa kembali menggeliatkan roda perekonomian dan berujung di wilayah yang lebih besar.

“Niatnya adalah supaya dibelanjakan untuk memutar roda perekonomian kita. Ini adalah upaya untuk menolong usaha-usaha yang ada di sekitar kita,” jelas dia.

Pihaknya menegaskan berbagai ikhtiar merupakan bentuk sinergitas dan dukungan penuh Pemprov Jatim kepada pemerintah pusat dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) di tengah pandemi COVID-19.

“Ini merupakan bentuk sinergitas dan dukungan penuh Pemprov Jatim kepada pemerintah pusat dalam program pemulihan ekonomi nasional,” ucapnya.

Tak lupa, Wagub Emuk juga terus mengimbau masyarakat untuk terus menerapkan pola hidup sehat, utamanya 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak di saat pandemi COVID-19 belum berakhir.@sarifa