LENSAINDONESIA.COM: Muncul berita bertitel “Pengakuan Relawan Usai Suntik Vaksin Covid-19: Badan Terasa Enak dan Nafsu Makan TInggo, Tidur Nyenyak Lupa Punya Hutang Tapi Cenderung Plonga-Plongo” tayang pada 15 Agustus 2020 lalu.

Informasi tersebut hasil unggahan dari Akun Facebook Kim Joong-Un yang mengunggah gambar pada 16 Agustus 2020 berupa tangkapan layar artikel terkait relawan uji klinis vaksin COVID-19 di Indonesia.

Pada narasi dari unggahan akun Facebook Kim Joong-Un juga disisipkan kalimat ini:

“Waduh Menular…”

Unggahan hasil editan judul berita dari Kompas.com.

Dari hasil penelusuran Tim Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), judul artikel yag diunggah tersebut adalah hasil editan dari artikel asli Kompas.com yang berjudul “Pengakuan Relawan Usai Disuntik Vaksin Covid: Badan Terasa Enak dan Nafsu Makan Tinggi” tayang pada 15 Agustus 2020 lalu.

Kompas.com juga menjelaskan, proses penyuntikan vaksin dilakukan pada 11 Agustus 2020. Sementara itu, Ketua Riset Uji Klinis Fase 3 Vaksin COvid-19 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Prof Kusnandi Rusmil menginformasikan, hingga kini sudah ada 21 relawan yang sudah disuntik calon vaksin COVID-19.

Hasil evaluasi sementara, para relawan yang telah disuntik mengalami reaksi ringan, seperti peningkatan suhu tubuh dan nyeri atau bengkak pada bekas suntikan. Saat menjalani uji, calon vaksin.

Konten menipulasi 

Sudah jelas! Artikel tersebut merupakan konten yang dimanipulasi, sebab sudah diedit pada bagian judulnya.@Mp,Eld-Licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun