LENSAINDONESIA.COM: Para siswa sekolah dasar (SD) di Kota Surabaya memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya protokol kesehatan dalam mencegah penularan COVID-19. Hal ini tampak pada pelaksanaan imunisasi rutin yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya.

Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, para Siswa SD begitu semangat untuk mengikuti imunisasi. Mereka datang ke sekolah sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Dinkes Kota Surabaya.

Kepala Dinkes Kota Surabaya, Febria Rachmanita pun menyampaikan, bahwa imunisasi yang dilakukan pada hari pertama telah berjalan dengan lancar. Bahkan para siswa yang mengikuti kegiatan imunisasi telah patuh dan disiplin terhadap Prokes yang diterapkan. Mulai dari menggunakan masker serta menjalankan imunisasi sesuai jadwal yang dibagi persesi.

“Alhamdulillah. Mereka (pelajar) datang semua sesuai dengan yang ada didata. Kegiatan itu berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Tergantung setiap sesinya,” kata Feny saat ditemui di Balai Kota Surabaya, Kamis (15/10/2020).

Sebaliknya, ungkap Febria, sikap patuh protokol kesehatan juga dilakukan para petugas Dinkes di masing-masing sekolah. Pada setiap pergantian sesi atau shift, petugas Dinkes di masing-masing sekolah melakukan penyemprotan disinfektan pada area imunisasi. Selain itu, sebelum masuk ke tempat imunisasi dilakukan pengukuran suhu tubuh, serta cuci tangan dengan menggunakan handsanitizer.

“Jadi itu (protokol kesehatan) kami terapkan. Termasuk ketika pergantian sesi imunisasi siswam kami pastikan disemprot disinfektan,” jelasnya.

Pada hari pertama pelaksanaan Imunisasi dilaksanakan diantaranya dilakukan di LB (inklusi) Putra Mandiri, SD Karunia Hidup, SD Negeri Romokalisari, Muhammadiyah 25.

Dari empat sekolah itu, semua siswa dilakukan imunisasi berjenis Measles Rubella (MR) yang ditujukan untuk kelas 1 SD sederajat sebanyak 151 pelajar. Sedangkan siswa kelas 5 dan 6 menerima imunisasi dengan jenis Human Papiloma Virus (HPV) dengan peserta sejumlah 148 orang.

“Untuk siswa kelas 1 SD menerima imunisasi berjenis Measles Rubella (MR) dengan jumlah 151 pelajar. Sedangkan untuk pelajar kelas 5 dan 6 dengan jenis imunisasinya adalah Human Papiloma Virus (HPV) 148 orang,” paparnya.@budi

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitanganpakaisabun