Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Protokol kesehatan harus menjadi kebiasaan dalam kehidupan masyarakat
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur, Joni Wahyuhadi. (foto: istimewa)
Birokrasi

Protokol kesehatan harus menjadi kebiasaan dalam kehidupan masyarakat 

LENSAINDONESIA.COM: Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur, Joni Wahyuhadi mengungkapkan, pihaknya telah menggelar survei tentang pengetahuan seputar protokol kesehatan terhadap Covid-19.

Dalam hasil surveinya menunjukan, pengetahuan masyarakat tentang Covid-19 dikategorikan hasilnya cukup, namun, implementasinya masih belum maksimal dalam menerapkan protokol kesehatan.

Demikian disampaikan Joni dalam peluncuran buku “Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19” di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Jakarta, Jumat (16/10).

“Oleh karena itu protokol kesehatan ditegakkan dengan melibatkan polisi dan tentara untuk menggelar operasi yustisi,” paparnya dikutip dari covid19.go.id, Sabtu (17/10/2020).

Padahal, menurutnya, seharusnya protokol kesehatan menjadi kebutuhan atau kebiasaan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, juga hadir dalam kegiatan tersebut. Dia menyampaikan, masyarakat kini telah mengenal prinsip kampanye 3M (memakai masker, menjaga jarak menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun) dalam pencegahan Covid-19.

“Namun, penerapan pengetahuan tentang 3M dalam kehidupan sehari-hari rupanya masih menjadi pekerjaan rumah untuk dikerjakan bersama,” ujar Airin.

Menurutnya, kedisiplinan atau kepatuhan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan seharusnya menjadi kebutuhan dalam keseharianya, dan bukan sekadar kewajiban.

“Kalau sudah jadi kebutuhan, ada atau tidak ada polisi dan tentara, masyarakat tetap pakai masker,” terangnya.

“Bukan karena ada razia masker baru pakai,” imbuhnya.

Meski masyarakat memahami prinsip 3M, kata Airin, masyaralat perlu terbiasa menjadikan protokol kesehatan sebagai hal yang melekat dalam melakukan aktifitas kesehariannya.

“Semoga buku ini bisa memudahkan masyarakat dalam menerapkan kebiasaan baru,” jelasnya.

Diharapkan, buku “Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19 menjadi acuan bersama dalam penerapan perubahan perilaku 3M di masa pandemi.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun