Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Meski angka sembuh meningkat, Satgas Covid-19: Kita tidak boleh lengah
Juru bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (foto: istimewa)
Birokrasi

Meski angka sembuh meningkat, Satgas Covid-19: Kita tidak boleh lengah 

LENSAINDONESIA.COM: Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, meski angka tingkat kesembuhan pasien Covid-19 meningkat, namun semua pihak tidak tidak boleh lengah atau mengabaikan bahaya penularan virus corona.

“Setelah tujuh bulan (sejak Covid-19 masuk Indonesia) rupanya kondisinya lumayan berhasil. Namun, kita tidak boleh lengah dan terus waspada,” ujar Wiku saat berbicara di konferensi virtual BNPB bertema Sosialisasi Iman, Aman, dan Imun Hadapi Covid-19, Jumat (16/10).

Masyarakat pun diimbau terus menerapkan protokol kesehatan sebagai bagian dalam kehidupan keseharian di masa pandemi. Yakni memakai masker, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan memakai sabun (3M). Sebab, ketika masyarakat tidak menjalankan kebiasaan ini, jumlah kasus baru Covid-19 bisa bertambah. Apalagi, fasilitas kesehatan yang tersedia pun terbatas.

“Kalau pasien gagal sembuh maka otomatis angka kesembuhan akan turun,” kata Wiku.

Wiku menjelaskan, walau pun kasus akumulasi pasien yang terinfeksi Covid-19 terus bertambah, namun jumlah pasien yang sembuh juga terus bertambah. Angka kesembuhan pasien positif Covid-19 di Indonesia, kata Wiku, disebut di atas rata-sata dunia.

“Jumlah kumulatif (kasus Covid-19) memang tinggi dan naik, tetapi sekarang kesembuhannya sudah meningkat. Angka kesembuhan cukup tinggi bahkan sudah di atas rata-rata dunia yaitu sekitar 76-77 persen dan ini kecenderungannya naik,” terangnya.

Sementara, lanjut Wiku, saat ini jumlah kasus aktif Covid-19 saat ini relatif agak turun, bahkan di bawah rata-rata dunia. Namun, ia tidak menyebutkan jumlah kasus aktif di dunia dan Indonesia saat ini.

Sampai saat ini, Satgas Penanganan Covid-19 terus berupaya untuk menekan angka penularan dan kematian. Sehingga, angka kesembuhan semakin lama makin naik dan masalah Covid-19 bisa dikendalikan dengan baik.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun