LENSAINDONESIA.COM: Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini kembali berpartisipasi dalam kegiatan Parade Seni dan Budaya Surabaya setelah terakhir kali turut serta dalam Parade Seni dan Budaya “Surabaya Merah Putih”.

Dalam Parade Seni dan Budaya yang digelar di Balai Budaya Surabaya pada Sabtu malam 17 Oktober 2020, Risma ikut tampil dalam pertunjukan Ludruk ditemani Tokoh Ludruk Jawa Timur Cak Kartolo bersama Istri (Ning Tini) yang membawakan cerita berjudul “Ger-Ger An Yes, Gegeran No”.

Pada pertunjukkan itu, Risma menyelipkan pesan-pesannya agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19 Meskipun saat ini Surabaya keadaannya sudah semakin membaik dari suana pandemi. Grafik di Surabaya juga dalam keadaan yang melandai.

“Kudu gawe masker, kudu jaga jarak, kudu rajin cuci tangan yo (Harus Pakai Masker, Harus Jaga Jarak, Harus Rajin Cuci tangan ya),” pesannya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti seusai acara mengungkapkan, bahwa cerita dalam pertunjukan ludruk memang sengaja dibuat dengan diselipkan pesan yang mendalam yang disampaikan ke masyarakat. Ketika tampil sebagai Risma memerankan sosok Ibu RW yang ingin mengajak warganya agar turut serta disiplin menjalankan protokol kesehatan. Selain itu pula, dia juga mengajak warga agar peduli terhadap sesama dan saling menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

“Intinya untuk membangun Surabaya itu kita harus tetap menggunakan protokol kesehatan, peduli terhadap lingkungan dan masyarakat untuk tidak berselisih paham atau bertengkar. Bagaimana membangun Surabaya secara guyub, rukun, supaya bisa menjadi Surabaya lebih baik,” ungkapnya.

Pagelaran yang digelar secara virtual ini juga merupakan bentuk penerapan protokol kesehatan sekaligus cara untuk memfasilitasi para pegiat seni dan budaya untuk mempertontonkan karyanya secara virtual yang tayang di YouTube Bangga Surabaya, Disbudpar Kota Surabaya, serta akun YouTube milik Pemkot Surabaya di tengah pandemi yang belum usai.

Pagelaram secara virtual ini akan berlangsung hingga 10 Desember 2020 mendatang yang menampilkan beragam seni dan budaya.

“Setelah ini masih ada lagi yang lebih-lebih menarik, ada jazz tepi pantai, ada segala macam dan rugi kalau tidak disaksikan. Dan nanti masih ada lagi beberapa event yang akan kami undang Ibu Risma sebagai bintang tamu,” jelasnya.@LI-13

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitanganpakaisabun